Prabowo Subianto Bantu Korban Tsunami Palu, Sigi dan Donggala Sebelum Dikunjungi -->
Cari Berita

Prabowo Subianto Bantu Korban Tsunami Palu, Sigi dan Donggala Sebelum Dikunjungi

Tenda Bataliyon bantuan Prabowo kepada korban Gempa, Tsunami
di Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah/Istimewa
Bugiswarta.com, Palu - Calon Presiden nomer urut 02, Prabowo Subianto rencananya akan berkunjung ke Sulawesi Tengah untuk menemui para korban bencana gempa, tsunami, dan likuifaksi di Kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Donggala.

Capres yang berpasangan dengan Sandiaga Salahuddin Uno diketahui sejak awal setelah terjadinya Gempa telah menyalurkan bantuan, baik berupa losgistik, makanan, pakaian, dokter hingga Hunian sementara (Huntara).

Baca Juga : Kesaksian Tim Dokter Keliling Prabowo di Kabupaten Donggala Usai Gempa

Selain itu bantuan struktur Partai Gerindra yang dipimpinnya juga bergotongroyong dan bahu -membahu menyalurkan bantuan kepada korban gempa di Sulawesi Tengah. setelah memastikan bantuannya telah sampai ke korban gempa Prabowo Subianto akhirnya dijadwalkan akan berdialog dan bersilahturahmi dengan masyarakat terkena gempa dan tsunami di camp tenda pengungsian yang berada di Desa Mpanau, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Berita Terkait : 
"Siang ini Pak Prabowo akan berkunjung dan bersilahturahmi dengan para korban gempa, tsunami, dan likuifaksi yang kini tinggal di tenda pengungsian yang berada di Desa Mpanau, Kabupaten Sigi. Dan Pak Prabowo juga akan berdialog dengan mereka," ungkap Anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Abdul Karim Aljufri di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (8/1/2019).

Abdul yang juga merupakan Koordinator Regional wilayah Sulawesi DPP Partai Gerindra itu juga menjelaskan, bahwa kunjungan Capres nomer urut 02 itu selain bersilahturahmi dan berdialog dengan para korban bencana alam yang menerjang beberapa wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu, juga rencananya akan melihat dan memantau perkembangan penyaluran bantuan dari Partai Gerindra untuk para korban bencana di wilayah tersebut.

"Sebab sehari setelah bencana alam menghantam Palu, Donggala dan Sigi, Pak Prabowo telah memerintahkan seluruh kader Partai Gerindra untuk turun dan memberikan bantuan kepada korban bencana alam di Sulteng. Jadi kehadiran beliau juga untuk melihat perkembangan penyaluran bantuan yang diberikan oleh Partai Gerindra untuk para korban," imbuh Abdul.

Ia menuturkan, beberapa hari setelah terjadinya bencana alam, Partai Gerindra langsung mendirikan dapur umum dengan melayani 2000 packs per hari untuk para korban. Kemudian disusul dengan pengiriman sebanyak 24 tenda pengungsian yang akhirnya menjadi camp hunian sementara yang dihuni warga sekitar di desa Mpanau, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Kini lokasi tersebut diberi nama camp Garuda Yaksa.

Selain itu, Abdul yang juga merupakan calon anggota legislatif DPRD Provinsi Sulawesi Tengah daerah pemilihan Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala itu menjelaskan, Partai Gerindra juga membangun MCK atau toilet umum untuk para korban bencana di lokasi tersebut, lantaran hingga saat ini mereka sangat sulit mendapatkan air bersih pasca bencana alam tersebut.

"Yang tinggal di tenda pengungsian camp Garuda Yaksa saat ini sebanyak 56 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 196 jiwa. Mereka yang tinggal disana merupakan masyarakat korban gempa, tsunami, dan likuifaksi yang berasal dari beberapa desa di wilayah Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi," papar Abdul.