Teh Gina Usulkan Sistem Peringatan Dini Soal Banjir di Karawang

Bugiswarta.com, Karawang -- Kepedulian Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Gina Fadlia Swara terhadap korban Banjir di Karawang, dirinya turun langsung meninjau dan memberikan bantuan kepada korban banjir di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya (29/2/2020). 

Teh Gina yang juga calon kuat Bupati Karawang berharap bantuan yang diberikannya dapat meringankan beban penderitaan korban banjir di Karawang.

Berita Sebelumnya : Gina Swara : Karawang Butuh Strategi Penanggulangan Bencana

Menanggapi soal banjir yang melanda Karawang, Pejuang Politik Partai Gerindra Gina Swara menjelaskan bahwa bahwa tiap tahun terjadi banjir di Kabupaten Karawang, namun  menurutnya belum ada pola antisipasi dan penanganan banjir yang lebih baik.

Berita Terkait : Teh Gina Bahas Perikanan dan Kesejahteraan Nelayan Bersama Menteri KKP

“Saya mendengar keluhan dari beberapa korban banjir, baik tadi di Desa Karangligar atau di Segaran ini bahwa seringnya air tiba-tiba datang. Banyak warga tidak sempat mengungsi atau menyelamatkan barang-barangnya. Tidak ada peringatan dini dari pihak terkait”, terangnya.

Seharusnya pemerintah bisa mendeteksi dan memberikan peringatan dini kepada warga di lokasi yang sering atau potensial banjir. Misalnya banjir kiriman dari hulu Sungai Citarum. Ketika Bendungan Saguling, Cirata dan Jatiluhur sudah tidak mampu menampung, maka luncuran air sampai ke Karawang dapat diprediksi waktu tibanya. Pengamatan ketinggian air secara berkala wajib dilakukan.

Baca Juga Berita Terkait : 2020, Teh Gina Siap Pimpin Karawang

“Semoga kedepan Karawang memiliki Sistem Informasi Kebencanaan Karawang Terpadu yang dapat diakses oleh masyarakat. Apalagi sekarang teknologi informasi sangat dibutuhkan. Masyarakat bisa tahu mana daerah yang rawan terjadi banjir. Bagaimana tingkat curah hujan. Ketinggian air di sungai-sungai. Statusnya bagaiamana? Normal, waspada, siaga atau awas. Dan yang terpenting ada peringatan dini yang bisa meminimalkan resiko banjir. Masyarakat juga bisa memberikan laporan lapangan dan masukan kepada Pemerintah Daerah atau BBWS”, jelas Gina Swara dengan penuh semangat.

Tonton Juga Video ini
Ketika berpamitan dengan warga, Gina Swara mengajak agar tabah dan selalu berdoa dalam menghadapi musibah banjir ini. Jangan patah semangat, semoga kedepan ada perubahan yang lebih baik.

Laporan : Rilis
Editor Usman
Share on Google Plus

About Bugiswarta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment