Soppeng Kembangkan Budaya Lokal untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan -->
Cari Berita

Soppeng Kembangkan Budaya Lokal untuk Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

SOPPENG, Bugiswarta.com -- Pemerintah kabupaten Soppeng terus berupaya menarik minat wisatawan berkunjung ke kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan ini. Tak hanya destinasi wisata sebab pemerintah daerah setempat pun juga mengembangkan budaya lokal yang diyakini bisa membuat traveler memutuskan untuk segera datang ke Soppeng.

“Saya dan rombongan Bupati Soppeng baru saja menghadiri satu acara adat yang disebut acara Mattoriolo di desa Goarie, sekitar 25 km dari Soppeng,” ujar Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Soppeng Farouk Adam melalui relesnya Minggu (25/12/2016).

Farouk menjelaskan, acara ini setiap tahun dilaksanakan oleh keturunan Raja Mario untuk mengenang dan menghormati leluhur. “Acara puncaknya adalah membersihkan (ruwatan) benda peninggalan Tomanurungge We Temmapuppu yang dipercaya sebagai utusan Dewata Seuwwae (Tuhan Yang Maha Esa) yang turun ke bumi saat masih bayi perempuan,” paparnya.

Turunnya We Temmapuppu, lanjutnya, di dalam sebuàh wadah berbentuk gerabah atau guci dalam bahasa Bugis disebut Balubu. “Oleh karena itu acara ini disebut Mallangi Balubu,” katanya. Ia mengungkapkan, dalam acara ini hadir semua keturunan Datu (Raja) Soppeng, Bupati Soppeng dan semua jajarannya.

Farouk menuturkan bahwa Pemkab Soppeng merencanakan untuk mengagendakan acara ini dan beragam acara ritual adat lainnya untuk dijadikan acara-acara yang berjadwal sebagai acara tahunan yang nantinya akan diupayakan tercantum dalam Soppeng Tourism Calendar of Event 2017.

“Untuk itu akan segera diadakan Rapat Koordinasi antara Bupati Soppeng, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Soppeng dan Badan Promosi Pariwiisata Daerah Kabupaten Soppeng,” tambahnya.

Laporan Usman Al-khair