Jumlah Publikasi Masih Kurang, Puluhan Dosen dan Peneliti Menghadiri Workshop Riset dan Manajemen Publikasi Ilmiah di UNHAS




BUGISWARTA.com, Makassar -- Penelitian seakan menjadi momok yang menakutkan bagi para civitas akademika.  Ini dilihat dari kurangnya jumlah penelitian di Indonesia dibandingkan dengan negara-negara tetangga.  Berbagai kegiatan lokakarya maupun workshop telah dilaksanakan untuk menambah keahlian mereka dalam meneliti agar mereka mampu membuat karya Ilmiah bertaraf nasional dan internasional.  Salahsatunya adalah kegiatan workshop yang baru-baru ini diadakan di Aula Pascasarjana Univeritas Hassanuddin. 

Oleh karena itulah, dosen STIM Lasharan Jaya Makassar, Muh. Amsal Sahban, Ph.D dan juga sebagai Associate Fellow of Center for Sustainability Research and Consultancy diundang sebagai salahsatu narasumber untuk memberi pelatihan  mengenai riset dan manajemen publikasi ilmiah di Aula Pascasarjana Lt.3 Universitas Hassanuddin, Makasar.

Workshop ini dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 14-15 September 2017. Tujuan utama dari workshop ini adalah untuk memberikan wawasan, ide, dan tema penelitian keuangan dan bisnis terkini yang berusaha merespon persoalan-persoalan yang dihadapi pemerintahan dan Industri bisnis, serta memberikan solusi yang bersifat aplikatif dalam rangka mengembangkan karya-karya penelitian dosen Indonesia dan diseminasi hasil-hasil penelitian seluas mungkin pada masyarakat.

Kegiatan ini juga merupakan upaya kerjasama HSBC-PSF Project dengan para pengelola jurnal nasional Indonesia yang tergabung dalam Relawan Jurnal Indonesia (RJI), Universitas Hasanuddin dan Sampoerna University.

Peserta workshop yang hadir sebanyak 97 orang yang terdiri dari berbagai latar belakang.  56 diantaranya adalah Dosen, 23 orang berlatar belakang peneliti dan sisanya berasal dari mahasiswa pascasarjana dan pengelola jurnal.

Selain Amsal, Ph.D terdapat pula beberapa narasumber yang diundang diantaranya adalah Wahyoe Soedarmono, PhD (HSBC-PSF Project Manager), Prof Marzuki, PhD, DEA (Monetary Economics & Finance Expert – FEB UNHAS) dan Ari Warokka, PhD (Senior Research Fellow – Centro Internacional ”Carlos V” – UAM, Spain).

Amsal, Ph.D mengatakan bahwa “Jumlah penelitian di Indonesia masih sangat kurang dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, Singapur dan Pilipina.  Oleh karena itu, kegiatan workshop ini sangat bermanfaat untuk para dosen dan mahasiswa pascasarjana yang ingin  mengasah kemampuan meneliti mereka.”  

“Saat ini para dosen dan mahasiswa diharuskan untuk mempublikasikan artikel ilmiahnya baik ke jurnal nasional maupun ke jurnal Internasional.  Bagi para dosen, penelitian ini adalah sebagai syarat mutlak untuk melaksanakan tugas Tridarmanya.  Dan bagi para mahasiswa pascasarjana, artikel ilmiah ini dibuat sebagai salahsatu syarat untuk mengikuti ujian akhir.” tutupnya.

MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.