Wujud Kesyukuran Usai Panen, Warga Desa Timusu Gelar Mappadendang


BUGISWARTA.com, Soppeng – Seusai panen padi, salah satu kebiasaan atau tradisi yang sudah lekat dengan warga Desa Timusu, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng, yakni melakukan Mappadendang.
           
Mappadendang dilakukan sebagai bentuk kesyukuran warga atas nikmat pemberian Allah SWT.  Adapun kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Muh. Yahya Lagoci. Sabtu malam (12 Agustus 2017).

Kepala Desa Timusu, Firdaus kepada BUGISWARTA.com mengatakan bahwa kegiatan ini bisa dikatakan sudah menjadi budaya bagi masyarakat Desa Timusu saat panen sudah tiba juga digelar pesta adat termasuk Maddoja Bine (Meritualkan Padi), Mabbaca Massure (Membaca Surat Padi), Mappalili (Awal Keluar Sawah).

"Melalui kegiatan ini yang dinamakan Maddoja Bine dengan peragaan adat Mappadendang sebagai bentuk kesyukuran hasil panen masyarakat," ungkap Firdaus.


Lanjut Firdaus, dengan partisipasi masyarakat serta kelompok tani Desa Timusu, kami selaku Pemerintah Desa mendukung penuh atas terlaksananya kegiatan ini, mudah-mudahan dapat selalu menjaga kelestarian adat yang ada.

Sementara itu, PLT Sekda Soppeng Nuralam mengatakan salah satu tanda syukur kepada Allah SWT atas keberhasilan hasil panen masyarakat, kita perlu melestarikan budaya dan adat Mappadendang sebagai masyarakat Bugis Makassar yang menjadi salah satu simbol tanda kesyukuran nikmat.

"Kami selaku pemerintah daerah sangat mensupport atas kegiatan yang dilakukan, pemerintah juga sekarang ini telah memberikan pelayanan maksimal, termasuk pembangunan infrastruktur jalan yang ada di Desa Timusu mulai Lebbae sampai Lagoci dapat dinikmati" Jelas Nuralam

Lanjut Nuralam, kata dia, dengan program pemerintah yang kini menargetkan pembangunan jalan yang hanya 100 kilometer setiap tahunnya dan kini melebihi target dengan 120 kilometer pada tahun lalu, semoga pada tahun ini dapat juga melebihi dengan target yang telah diprogramkan.

MANSUR/MULIANA AMRI
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.