Dinas Peternakan Dan Keswan Sinjai Fokus Asuransi Ternak Sapi

Petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemkab Sinjai memeriksa sapi warga yang telah diasuransikan/Izhar
BUGISWARTA.com, SINJAI-- Sebanyak 50 ekor ternak sapi di Desa Tompobulu,Kecamatan Bulupoddo oleh pemiliknya didaftarkan masuk pada program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS). Program AUTS ini merupakan kerjasama antara Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai dengan PT. Jasindo.

Berita Sebelumnya : Babinsa Kerja Bakti Bersama Masyarakat Kelurahan Lappa Sinjai Utara

Jumlah ternak sapi yang masuk program AUTS tersebut diperoleh saat DPKH Sinjai melakukan kunjungan di Desa Tompobulu Pada kunjungan ini, DPKH juga melakukan pelayanan inseminasi buatan (IB).

Baca Juga : Pohon Tumbang di Sinjai Akibatkan Pengendara Sulit Melintas

Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai Irwan Suaib mengatakan Program ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko masyarakat dalam pengembangan ternak sapi,
Asuransi ternak sapi difokuskan pada perlindungan dalam bentuk ganti rugi kepada peternak jika terjadi kematian sapi karena penyakit, kecelakaan, beranak atau hilang akibat kecurian.
" Hanya dengan membayar 40 ribu per tahun untuk seekor sapi, maka peternak mendapatkan biaya pertanggungan sebesar 10 juta jika terjadi kematian sapi karena penyakit, kecelakaan, atau hilang akibat kecurian, Kecamatan Bulupoddo telah melakukan kegiatan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) dan Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB), " Katanya.
Lanjut Irwan Suaib jika Segera sampaikan kepetugas Peternakan kecamatan atau petugas Inseminator Dinas peternakan dan kesehatan hewan bagi peternak yang berminat untuk mengasuransikan sapinya ataupun berminat memeriksa kebuntinan dan mengikuti program Inseminasi buatan, petugas akan segera datang melayani.
" Alhamdullilah sekitar 50 ekor lebih sapi yang masuk asuransi dan 10 ekor lebih diantaranya diketahui bunting serta ada juga yang diberi Inseminasi Buatan (IB). Dan sampai hari ini sudah sekitar 2 ribu yang sudah masuk asuransi sapi dan sedikitnya sudah 11 ekor yang minta klaim dan sudah masuk di rekeningnya masing-masing 10 juta rupiah, " Kuncinya.
IZHAR/USMAN AL-KHAIR LARAMPENG
Share on Google Plus

About Bugis Warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.