Pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri Unggul dalam Survei Pilgub Sulteng oleh SMRC -->
Cari Berita

Pasangan Ahmad Ali-Abdul Karim Aljufri Unggul dalam Survei Pilgub Sulteng oleh SMRC


Bugiswarta.com, Jakarta
- Pasangan Ahmad Ali (AA) dan Abdul Karim Aljufri (AKA) unggul dalam survei Pilkada Gubernur Sulawesi Tengah yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research And Consulting (SMRC). 


Berdasarkan survei bertema “Peluang Calon-calon Gubernur dalam Pilkada Provinsi Sulawesi Tengah” yang dilakukan pada 6-18 Mei 2024, pasangan AA-AKA meraih 30,8 persen suara, mengalahkan dua pasangan lainnya.


Survei tersebut menampilkan tiga pasangan calon utama: AA-AKA, Anwar Hafid-Reny A Lamadjido, dan Rusdy Mastura-Mohammad Irwan Lapatta. Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani, dalam siaran persnya pada Rabu (22/5/2024), menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada calon definitif. 


Partai-partai politik masih melakukan penjaringan calon dan menjajaki kemungkinan kerja sama atau koalisi.


Provinsi Sulawesi Tengah memiliki tiga partai dengan kursi terbanyak di DPRD: NasDem, Demokrat, dan Golkar. NasDem disebut-sebut akan mencalonkan Ahmad M. Ali, Demokrat akan mengusung Anwar Hafid, sementara Golkar masih mempertimbangkan beberapa nama, termasuk Mohamad Irwan Lapatta.


“Bila Pemilihan Gubernur diadakan saat survei ini dilakukan, dan yang maju adalah tiga nama ini, Ahmad M. Ali mendapatkan dukungan 33,9%, Anwar Hafid 29,6%, dan Mohamad Irwan Lapatta 12%. Yang belum tahu sekitar 24,5%,” jelas Deni.


Dalam simulasi tersebut, Ahmad M. Ali dan Anwar Hafid bersaing sangat ketat dengan selisih hanya sekitar 4,3%, sementara Mohamad Irwan Lapatta masih kurang kompetitif dibanding kedua lawannya.


Survei juga menguji kekuatan tiga nama: Ahmad M. Ali, Anwar Hafid, dan Rusdy Mastura. Dalam simulasi ini, Ahmad M. Ali memperoleh dukungan 29,7%, Anwar Hafid 28,9%, dan Rusdy Mastura 20,2%. Yang belum tahu sekitar 21,3%.


“Dari dua skenario tiga calon ini terlihat bahwa persaingan ketat terjadi antara Ahmad M. Ali dan Anwar Hafid. Selisih keduanya hanya 0,8-4,3% tergantung komposisi calon yang bersaing,” kata Deni.


Rusdy Mastura berada di bawah Ahmad M. Ali dan Anwar Hafid dengan jarak sekitar 8,7-9,5%. Sementara Mohamad Irwan Lapatta terlihat paling kurang kompetitif dibandingkan kedua lawannya.


Survei ini menunjukkan bahwa pasangan AA-AKA memiliki peluang besar dalam Pilgub Sulteng, namun persaingan ketat terutama datang dari Anwar Hafid, menandakan dinamika yang menarik dalam kontestasi politik Sulawesi Tengah mendatang.