Dirgahayu BIN: Srikandi Gerindra Mengingatkan Tantangan Insan Intelejen di Era Globalisasi -->
Cari Berita

Dirgahayu BIN: Srikandi Gerindra Mengingatkan Tantangan Insan Intelejen di Era Globalisasi

Novita Wijayanti

BUGISWARTA.com, Jakarta
- Memasuki era globalisasi, tantangan dan ancaman terhadap keamanan suatu negara semakin kompleks dan menghadirkan tantangan baru.


Beranjak dari persoalan tradisional hingga merambah ke ruang digital, mengharuskan Badan Intelejen Negara (BIN) untuk semakin adaptif dan tanggap menghadapi dinamika yang berkembang pesat.


Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Badan Intelejen Negara (BIN), Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Novita Wijayanti, menyoroti peran krusial BIN sebagai benteng pertahanan bangsa dari berbagai potensi ancaman, baik internal maupun eksternal.


"Peran BIN menjadi semakin penting, sebagai benteng pertahanan bangsa dari berbagai potensi ancaman, baik internal maupun eksternal," ujar Novita, memberikan penghargaan atas dedikasi dan profesionalisme para insan intelijen.


Dalam peringatan ini, Novita menegaskan pentingnya peningkatan kapabilitas dan profesionalisme BIN dalam menjalankan tugasnya. "Bangsa ini membutuhkan intelijen yang adaptif, tanggap, dan mampu mengantisipasi berbagai skenario ancaman yang kompleks dan dinamis," tambahnya.


Novita juga menyoroti pentingnya sinergi dan kolaborasi BIN dengan berbagai pihak, baik internal maupun eksternal, termasuk TNI/Polri, kementerian atau lembaga terkait, hingga masyarakat sipil. Sinergi yang kuat menjadi kunci dalam membangun sistem intelijen yang efektif dan responsif terhadap perubahan lingkungan strategis.


Dalam konteks internasional, Novita mengharapkan BIN dapat memainkan peran aktifnya dalam diplomasi intelijen, khususnya dalam memerangi terorisme, perdagangan narkoba, dan kejahatan transnasional lainnya.


Kerjasama intelijen dengan negara-negara sahabat diharapkan dapat diperkuat guna menjaga stabilitas dan keamanan bersama di tingkat regional maupun global.


"Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun BIN, kami mengapresiasi dan menghargai dedikasi serta pengorbanan para insan intelijen yang telah bekerja keras demi menjaga stabilitas dan keutuhan bangsa," pungkas Novita, mengakhiri pernyataannya dengan apresiasi yang tinggi terhadap peran penting BIN dalam menjaga keamanan dan kedaulatan negara.