Ketua Pemuda Muhammadiyah Bone: Proses Muswil Menghasilkan Pimpinan Baru -->
Cari Berita

Ketua Pemuda Muhammadiyah Bone: Proses Muswil Menghasilkan Pimpinan Baru

Ketua Pemuda Muhammadiyah Bone Hamsir

BUGISWARTA.COM, Heriwawan, yang juga anggota DPRD Sulawesi Selatan dari Dapil V Bulukumba-Sinjai, terpilih sebagai Ketua Umum Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Sulawesi Selatan pada Musyawarah Wilayah (Muswil) XVIII. Musyawarah ini diadakan di Asrama Haji Sudiang pada Sabtu, 28 April 2024.


Pemilihan Heriwawan sebagai Ketua Umum merupakan hasil musyawarah dari 11 formatur yang dipilih oleh peserta Muswil. Proses ini mengikuti tata tertib yang telah disepakati, di mana semua peserta memiliki hak untuk memilih 11 formatur, yang kemudian akan bermusyawarah untuk memilih ketua umum.


Ketua Umum Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Bone, Hamsir Kawaru, menyebutkan bahwa kegiatan Muswil ini tidak hanya bertujuan untuk memilih pimpinan baru, tetapi juga untuk mengevaluasi kinerja pimpinan pada periode sebelumnya. Hasil evaluasi ini akan digunakan sebagai dasar untuk melanjutkan program-program yang baik di masa depan.


"Ada evaluasi, program yang baik akan berkelanjutan. Kami juga memberikan beberapa masukan dan saran untuk program kerja selanjutnya, begitu juga akan ada pemilihan pimpinan baru," kata Hamsir


Mengenai terpilihnya Heriwawan, Hamsir menyatakan bahwa proses pemilihan ini berlangsung sesuai dengan mekanisme organisasi, dan dia sepenuhnya mendukung hasil musyawarah. Menurut Hamsir, jika semua kepentingan dapat diakomodasi dan visi setiap pimpinan dapat menyatu, maka jalan musyawarah mufakat adalah hasil demokrasi yang paling tinggi.


Musyawarah tingkat provinsi ini berlangsung selama tiga hari, dari 26 hingga 28 April 2024, dan dihadiri oleh ratusan kader Pemuda Muhammadiyah dari seluruh kabupaten di Sulawesi Selatan. PDPM Bone, misalnya, mengirimkan 62 kader sebagai peserta penuh, termasuk pimpinan daerah tingkat kabupaten serta pimpinan cabang dari kecamatan di Kabupaten Bone.