Diplomasi Peci Hitam dan Kris Ala Prabowo di Jepang: Apresiasi Patung Jenderal Sudirman di Kemhan Jepang -->
Cari Berita

Diplomasi Peci Hitam dan Kris Ala Prabowo di Jepang: Apresiasi Patung Jenderal Sudirman di Kemhan Jepang


BUGISWARTA.com, Jepang
- Dalam kunjungannya ke Negeri Sakura Jepang, Menteri Pertahanan (Menhan) Indonesia, Prabowo Subianto, menyoroti dengan apresiasi patung Jenderal Sudirman yang berdiri megah di Kementerian Pertahanan Jepang.


Prabowo mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Menhan Jepang, Kihara Minoru, atas sambutan hangat yang diterimanya di Tokyo pada Rabu (3/4).


"Meskipun undangan datang secara mendadak, saya sangat berterima kasih atas sambutan yang diberikan. Ini menandakan hubungan yang erat antara kedua negara," ungkap Prabowo.


Ia pun menegaskan pandangan pemerintah Indonesia terhadap Jepang sebagai sahabat dan mitra yang penting, serta menyatakan kegembiraannya atas hubungan bilateral yang telah terjalin lama.


"Dalam kementerian ini, terdapat patung salah satu panglima besar kami, Jenderal Sudirman. Keberadaan patung itu di Kementerian Pertahanan Jepang menandakan hubungan yang erat dan akrab antara kedua negara," tambahnya.


Sebagai simbol pertukaran keramahannya, kedua Menhan tersebut saling memberikan cindera mata. Menhan Kihara memberikan jam hias berornamen emas, sementara Menhan Prabowo memberikan hadiah berupa Keris yang dihiasi dengan warna emas.


Patung Jenderal Sudirman di Kementerian Pertahanan Jepang telah berdiri sejak tahun 2011. Dibuat dari perunggu dengan ketinggian sekitar empat meter, patung tersebut menjadi salah satu bukti konkret dari hubungan historis antara Indonesia dan Jepang.