Saipullah Latif Tokoh Bone Barat Siap Maju di Pilkada Bone -->
Cari Berita

Saipullah Latif Tokoh Bone Barat Siap Maju di Pilkada Bone


Bone - Saipullah Latif, mantan anggota DPRD Bone selama 3 periode, telah menyatakan kesiapannya untuk maju dalam Pilkada Bone 2024. Dengan rencana maju di jalur perseorangan, Saipullah dan timnya sedang giat mengumpulkan KTP warga sebagai syarat pendaftaran calon independen.


Kepastian langkah politiknya ini datang setelah Saipullah mengukur potensinya dalam Pileg 2024 untuk DPRD Sulsel. Meskipun tidak berhasil menduduki kursi, namun perolehan suaranya yang mencapai 18.435 suara di Dapil Sulsel 7 memberikan keyakinan untuk melangkah lebih jauh.


"Saya akan maju sebagai calon perseorangan, dan tim sementara sedang mengumpulkan KTP," ungkap Saipullah pada Senin (12/3/2024).

Tonton Juga

Saipullah dengan tegas menyatakan bahwa perolehan suaranya di Pileg 2024 merupakan hasil nyata, tanpa menggunakan praktik money politic atau politik uang. Selaku tokoh politik asal Bone barat, ia menyatakan kesiapannya untuk mengadopsi gaya politik baru, tanpa memandang kedudukan kubu 01 atau 02.


"Sebagai calon independen, saya siap bekerja sama dengan siapa saja. Bahkan, posisi 01 dan 02 pun dapat diputuskan secara langsung oleh masyarakat," jelasnya.


Menurut Saipullah, Bone membutuhkan perubahan menyeluruh di semua sektor. Kota yang memiliki julukan 'Kota Beradat' ini jauh tertinggal dalam pembangunan dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Sulsel.


Jika terpilih, Saipullah bertekad untuk melakukan reformasi birokrasi dan efisiensi besar-besaran dalam pengelolaan anggaran. Program dan belanja yang dinilai tidak efektif akan disetop untuk meringankan beban APBD.


"Contohnya, pengadaan mobil dinas. Tidak perlu dilakukan secara terus-menerus. Mobil lama pun masih sangat layak. Oleh karena itu, pejabat harus bijak dalam menggunakan uang rakyat," tegasnya.


Mengakui mahalnya biaya politik saat ini, Saipullah memilih jalur independen sebagai alternatif. Dengan demikian, ia dapat langsung meminta dukungan dari masyarakat.


"Kami meminta dukungan dari masyarakat sejak awal. Saya telah memerintahkan tim untuk tidak sembarangan dalam mengumpulkan KTP. Kami tidak akan mengambil dukungan dari warga yang tidak sepenuhnya mendukung kita," tambahnya.


Saipullah juga tidak menutup kemungkinan untuk bergabung melalui jalur partai, tetapi semuanya tergantung pada kesepakatan dengan timnya nanti.


"Politik adalah dinamis. Saat ini, kami berfokus pada jalur independen. Tim kami telah bekerja keras dan sungguh-serius dalam menggarapnya," pungkasnya.