Novita Wijayanti : UMKM Tulang Punggung Pertumbuhan Ekonomi Nasional -->
Cari Berita

Novita Wijayanti : UMKM Tulang Punggung Pertumbuhan Ekonomi Nasional


BUGISWARTA.com, Jakarta - Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI, Novita Wijayanti, menekankan peran penting para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.


Menurut politisi cantik Partai Gerindra ini, keberadaan UMKM di Indonesia memegang peranan strategis, terutama dalam konteks pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Hal ini disampaikannya usai menghadiri acara Peringatan Hari Pers 2024 dengan tema 'UMKM Fest: Wartawan Peduli UMKM', di Gedung DPR RI, Senayan, pada Selasa (5/3/2024).


Novita menegaskan bahwa UMKM harus terus diperhatikan dan didukung, terutama dalam meningkatkan daya saing di era digitalisasi yang berkembang pesat saat ini.


"Kehadiran negara sangat penting dalam mendukung 'naik kelas' UMKM kita. Di parlemen, kami akan terus mendorong pemerintah untuk memberikan kemudahan dalam perizinan, bantuan modal, serta promosi di pasar domestik maupun internasional," ungkap Novita, yang juga merupakan politikus Gerindra.


Diharapkan dengan dukungan yang tepat, UMKM mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. "UMKM memiliki peran penting dalam menggerakkan sektor industri, menciptakan inovasi, dan memperluas pasar, yang semuanya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan," paparnya.


Lebih lanjut, Novita menekankan bahwa UMKM juga diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja, memperkuat ekonomi lokal, dan menyebarkan pendapatan secara merata.


"Maka dari itu, pembangunan dan pemberdayaan UMKM harus menjadi prioritas dalam kebijakan ekonomi kita untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif," tambahnya dengan tegas.