PEGANG TEGUH PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA -->
Cari Berita

PEGANG TEGUH PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA

PEGANG TEGUH PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA

BUGISWARTA.com, JAWA TENGAH -- Pancasila sebagai ideologi bangsa sudah diperkenalkan kepada kita sedari kita masih duduk di bangku sekolah dasar. Ideologi bangsa sebagai pembentuk identitas bagi suatu bangsa. Ideologi mempunyai peranan penting bagi bangsa dan negara untuk mempertahankan eksistensinya, karena ideologi digunakan sebagai cara berfikir atau paham, teori, tujuan yang mendasari berjalannya suatu negara.


Pengamalan nilai luhur Pancasila di masyarakat sangat penting dilakukan di negara Indonesia. Dalam waktu dekat Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi rakyat yaitu pemilu. Dimana masyarakat mempunyai hak untuk menentukan pimpinan bangsa dan wakil rakyat.


Hj. Novita Wijayanti, SE.,MM sebagai Anggota MPR DPR RI yang mencalonkan kembali sebagai wakil rakyat menyampaikan kepada masyarakat pentingnya menanamkan semangat persatuan, kebersamaan serta semangat menempatkan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan melalui pengamalan nilai-nilai Pancasila di masyarakat demi kesuksesan pemilu. Hal ini disampaikan pada acara sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang diselenggarakan pada Selasa, 30 Januari 2024, di Rumah Aspirasi Kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah


Pancasila harus selalu menjadi dasar kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam situasi apapun negara kita guna mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa. Seperti kejadian beberapa tahun lalu negara kita mengalami kejadian yang sama dengan negara lain yaitu terkena virus covid-19. Dalam keadaan seperti itu, semua masyarakat Indonesia menghadapinya juga berlandaskan Pancasila sebagai ideologi bangsa. Sehingga tercipta suasana saling tolong-menolong, banyaknya relawan-relawan, bahu-membahu membantu masyarakat yang terkena virus tersebut. Sikap tersebut merupakan implementasi dari pengalaman Pancasila yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan demi tercapainya persatuan dan kesatuan, penjelasan Hj. Novita Wijayanti, SE.,MM.


Hj. Novita Wijayanti, SE.,MM menyampaikan bahwa kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara ini, harus selalu menjadikan Pancasila sebagai dasar bersikap. Dalam praktik penerapan Pancasila, terutama dalam konteks sikap moral dan perilaku seluruh warga Indonesia, Pancasila seharusnya dijabarkan dengan jelas sesuai dengan aspek-aspek yang relevan dalam pelaksanaannya. Salah satu tujuan utamanya adalah membentuk karakter yang positif pada generasi muda. Masyarakat Indonesia memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk menghormati dan mewujudkan Pancasila sebagai cita-cita utama. Hal ini akan membantu dalam mempertahankan kekokohan dan keutuhan NKRI.