Survei LSJ: Elektabilitas Gerindra Teratas Geser PDIP, Raih 21,8% -->
Cari Berita

Survei LSJ: Elektabilitas Gerindra Teratas Geser PDIP, Raih 21,8%

BUGISWARTA.COM, Jakarta - Elektabilitas Partai Gerindra berada di posisi pertama dengan perolehan suara sebesar 21,8% dan mengungguli sejumlah partai lainnya seperti PDI-Perjuangan (PDI-P), Partai Golkar, serta Partai Demokrat.

Hal itu terungkap dari hasil survei teranyar Lembaga Survei Jakarta (LSJ) bertajuk “Pasca Debat, Paslon Mana Melesat?” yang dirilis secara virtual pada Kamis (28/12).

Direktur Riset LSJ Fenta Ardianto mengungkap, PDI-P berada di posisi kedua dengan perolehan angka sebesar 18,5%, kemudian diikuti oleh Partai Golkar dengan 10,1%, dan Partai Demokrat yang berada di urutan keempat memperoleh persentase suara sebanyak 9,3%.

“Salah satu temuan menarik lainnya dari survei LSJ kali ini adalah tergusurnya elektabilitas _the rulling party_ PDI-Perjuangan oleh Partai Gerindra. Hasil survei LSJ memperlihatkan bahwa seandainya Pemilu dilaksanakan saat ini sebanyak 21,8% responden mengaku akan memilih Partai Gerindra, sedangkan yang menjatuhkan pilihan pada PDI-Perjuangan sebanyak 18,5%,” ungkap LSJ dalam kesimpulan surveinya.

“Kini sejumlah lembaga survei _mainstream_ (termasuk LSJ) telah menjadi saksi bagaimana ‘partai banteng’ itu tumbang oleh cakaran kaki partai berlambang burung garuda,” sambung LSJ.

Lembaga Survei Jakarta melakukan survei ini pada 22 sampai 27 Desember 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang berasal dari 38 provinsi di Indonesia. Ribuan responden tersebut diperoleh melalui teknik _multistage random sampling_ dengan _margin of error_ sebesar 2,83% dan tingkat kepercayaan di angka 95%.