Prabowo Jelaskan Peran Hilirisasi sebagai Kunci Menuju Indonesia Sejahtera -->
Cari Berita

Prabowo Jelaskan Peran Hilirisasi sebagai Kunci Menuju Indonesia Sejahtera

BUGISWARTA.COM, Yogyakarta - Bacapres Prabowo Subianto mengatakan pentingnya hilirisasi yang mampu menjadi lompatan menuju Indonesia emas pada tahun 2045. Hal tersebut dipaparkan olehnya saat menghadiri 'Mata Najwa On Stage: 3 Bacapres Bicara Gagasan' di Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta pada Selasa (19/9).

Dalam paparan berjudul ‘Strategi Transformasi Bangsa Menuju Indonesia Emas 2024’ yang berisi 17 program prioritas ini, Prabowo menjelaskan salah satunya adalah hilirisasi dan industrialisasi menjadi kunci Indonesia menuju negara yang sejahtera dan makmur.

“Kita harus lanjutkan hilirisasi dan industrialisasi. Kuncinya adalah ini (hilirisasi) yang akan mempercepat lompatan kita. Dengan hilirisasi, komoditas-komoditas kita sekarang di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, kita tidak mau komoditas kita, sumber alam kita diekspor, dijual ke bangsa lain. Kita hentikan ekspor murah, kita wajibkan mereka untuk melakukan pengolahan di Republik Indonesia,” jelas Prabowo.

Meski begitu, Prabowo menilai jika hilirisasi membuat banyak negara asing yang tidak suka. Namun, lanjutnya, pemerintah Indonesia tidak gentar. Ia lalu memberikan contoh bagaimana Jepang menjadi negara yang sejahtera.

“Ini membuat banyak negara asing tidak suka. Kita mau diboikot. Tapi kita tidak gentar. Kalau tanpa hilirisasi kita tidak mungkin jadi negara makmur,” ucap Prabowo.

“Sebagai contoh, satu kilang minyak di jepang, limbahnya diolah oleh 40 perusahaan. Kemudian hasil 40 perusahaan itu digunakan oleh 40 ribu pabrik. Bayangkan kalau kita punya pengolahan-pengolahan di Indonesia, nikel, smelter, dan bauksit,” lanjutnya.