Sosok M Jusuf, Jenderal TNI dari Tanah Bugis, Idola Prabowo, dan Teladan bagi Generasi Muda -->
Cari Berita

Sosok M Jusuf, Jenderal TNI dari Tanah Bugis, Idola Prabowo, dan Teladan bagi Generasi Muda

BUGISWARTA.com, Jakarta - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan banyak menyita perhatian publik. 


Namun, dibalik sikapnya yang sederhana, Prabowo memiliki idola dan panutan dalam sosok Jenderal TNI (Purn) Muhammad Jusuf, seorang asal Tanah Bugis.


Jenderal (Purn) M. Jusuf merupakan sosok yang memberikan banyak pelajaran hidup dan membentuk karakter Prabowo. Ketika Prabowo masih menjadi perwira muda pada tahun 1978-an, Jenderal TNI M. Jusuf menjabat sebagai Panglima TNI.


Prabowo mengungkapkan bahwa Jenderal M. Jusuf adalah pribadi yang perhatian kepada pasukannya dan selalu berkeliling mengunjungi pasukannya di daerah operasi. 


Pengalaman pribadi Prabowo mengenai Jenderal M. Jusuf menggambarkan bagaimana sosok pemimpin ini sangat detail dalam memperhatikan hal-hal kecil, terutama kebutuhan pasukannya.


Ketika Prabowo masih menjadi komandan kompi, Jenderal M. Jusuf pernah mengunjungi pasukannya di Cijantung dan bertanya mengenai kekurangan kompi tersebut. 


Prabowo melaporkan bahwa ada kekurangan pasokan air bersih, dan Jenderal M. Jusuf segera memerintahkan untuk menyiapkan pompa air dan menara air sebagai solusinya.

Kesederhanaan dan keteladanan Jenderal M. Jusuf sangat terasa saat Prabowo menghadapnya di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta. Rumahnya gelap tanpa pengawal, ajudan, atau supir. 


Prabowo melihat bahwa ruang tamu tetap sama persis seperti 15 tahun sebelumnya, dan kursi di bagian senderan tangannya sudah mulai robek-robek karena tidak pernah diperbaiki atau diganti. 


Hal ini menunjukkan bahwa Jenderal M. Jusuf hidup dengan sangat sederhana, mengandalkan uang pensiun dan tabungannya.


Meski telah menjabat sebagai Menteri Perindustrian selama 11 tahun dan Menhankam Pangab selama 5 tahun, Jenderal M. Jusuf tetap rendah hati dan tidak pernah meminta banyak hal dari pengusaha yang ingin membantunya. Ia hanya meminta dibangun masjid di Makassar dan rumah sakit untuk masyarakat.


Prabowo mengungkapkan bahwa Jenderal M. Jusuf adalah sosok teladan nyata yang menjadi guru di hidupnya. Beliau mengajarkan bukan hanya dari perkataan, tetapi juga diperlihatkan dalam kehidupan sehari-hari. 


Sebagai seorang jenderal yang bersih, jujur, cerdas, tegas, dicintai rakyat dan prajuritnya, serta pemimpin yang luar biasa, Jenderal M. Jusuf memberikan inspirasi dan teladan bagi Prabowo Subianto dalam perjalanan hidupnya.