Penyerahan dan Penerimaan Mahasiswa PKL Prodi HES FAI Unismuh Makassar di Pengadilan Agama Jakarta Pusat -->
Cari Berita

Penyerahan dan Penerimaan Mahasiswa PKL Prodi HES FAI Unismuh Makassar di Pengadilan Agama Jakarta Pusat


JAKARTA -
- Pengadilan Agama Jakarta Pusat menjadi saksi dari kegiatan penyerahan dan penerimaan mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Makassar.


Acara berlangsung di Pengadilan Agama Jakarta Pusat, yang beralamat di Jl. Rawasari Selatan No. 51, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Selasa, 1 Agustus 2023.


Sebanyak 21 mahasiswa PKL yang merupakan bagian dari kegiatan ini, mereka diserahkan langsung oleh Dr. Ridwan Fawallang, M.H, yang menjabat sebagai Sekretaris Prodi Hukum Ekonomi Syariah FAI Unismuh Makassar. 


Program PKL ini akan berlangsung mulai dari tanggal 1 Agustus hingga 28 September 2023. Penerimaan mahasiswa PKL tersebut dilakukan oleh Drs. H. Gunawan, M.H, yang menjabat sebagai Ketua Pengadilan Agama Jakarta Pusat.


“Tidak hanya dihadiri oleh pihak universitas dan pengadilan, acara ini juga dihadiri oleh Ibu Mursyida S.Ag., M.H, yang merupakan Wakil Ketua Pengadilan Agama Jakarta Pusat, Ibu Neneng Kurniati, S.Ag, serta Abdul Malik, M.H, dosen Hukum Ekonomi Syariah di FAI Universitas Muhammadiyah Makassar,” ungkapnya


Dr. Ridwan Fawallang, S.H., M.H, selaku Sekretaris Prodi HES FAI Unismuh, mengucapkan terima kasih kepada Ketua Pengadilan dan seluruh jajaran yang telah memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk menambah ilmu dan pengalaman di Pengadilan Agama Jakarta Pusat. 


“Beliau juga memberikan pesan kepada para mahasiswa untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya,” tuturnya


Salah satu tujuan dari PKL ini adalah untuk menguji teori-teori yang telah diperoleh selama perkuliahan di kampus dengan pengalaman yang diperoleh saat mengobservasi praktik beracara, baik dalam gugatan persengketaan ekonomi syariah maupun persidangan lainnya.


 Ketua Pengadilan Agama Jakarta Pusat. Drs. H. Gunawan, M.H, menyambut baik kehadiran mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah di Pengadilan Agama Jakarta Pusat. Beliau berharap agar para mahasiswa dapat betah selama menjalani PKL dan banyak belajar, baik dalam teori maupun dalam proses beracara di peradilan. 


Diharapkan pengalaman yang didapatkan akan menjadi bekal berharga bagi mahasiswa setelah selesai pelaksanaan PKL ini.


Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini menjadi kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan secara langsung teori dan ilmu yang telah didapatkan selama di bangku kuliah. 

Di samping itu, acara ini juga menjadi momentum penting untuk menambah pengetahuan secara langsung dalam proses praktek di pengadilan.


Semoga kegiatan PKL ini memberikan manfaat yang besar bagi para mahasiswa dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ilmu dan peradilan. 


“Selamat menempuh Praktek Kerja Lapangan dan semoga sukses dalam perjalanan akademik dan profesional para mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah FAI Unismuh Makassar,” ucapnya