Rumah Kreasi Budaya Bangsa Saoraja Bone akan Laksanakan Launching “Wanua Museum” Pertama di Indonesia -->
Cari Berita

Rumah Kreasi Budaya Bangsa Saoraja Bone akan Laksanakan Launching “Wanua Museum” Pertama di Indonesia

BUGISWARTA.Com, Bone - Rumah Kreasi Budaya Bangsa Saoraja Bone Akan melaksanakan kegiatan Launching “Wanua Museum”, sebagai pelopor museum virtual reality interaktif Pertama di Indonesia.

Berawal dari kurangnya minat dan motivasi pemuda untuk mengunjungi Museum dan minimnya pemahaman tentang kebudayaan menjadi perhatian Ichsan Hatib yang menggagas ide inovatif ini, Dalam kegiatan ini, ia bertindak sebagai Koordinator tim peneliti sekaligus sebagai kreatif director.

"Ide ini sudah dipikirkan sejak tahun 2017 dengan tujuan mengembalikan kejayaan Bone sebagai pusat literasi Suku Bugis berbasis digital. Namun baru dapat terwujud di tahun 2023 berkat adanya pendanaan dari Peogram Dana Indonesiana dari Dirjen Kebudayaan dan LPDP ini, Kata Ichsan.

Dengan memakai teknologi virtual reality metamesta, Ichsan berharap bisa mendorong minat semangat para generasi millenial, zillenial, dan Alpha untuk belajar sambil bermain melalui penciptaan dunia baru semacam ini.

"Kedepannya, Wanua Museum akan terus dikembangkan. harapannya, para pemangku kepentingan dan dinas terkait bisa berkolaborasi dan membantu upaya ini," Lanjutnya
Sekedar di Ketahui, Rumah Kreasi Budaya Bangsa Saoraja Bone Akan Launching Wanua Museum Pertama di Indonesia pada sabtu pagi tgl. 29 Juli 2023, di Lapangan Merdeka Bone, Jalan Andi Mangunsidi, Kelurahan Watampone, Kecamatan Tanete Riattang.

Setelah kegiatan launching ini dilaksanakan di hari Tahap berikutnya adalah memperkenalkan Wanua Museum kepada masyarakat melalui virtual Tour di 4 titik Pusat kecamatan dan sekolah sekolah. Adapun jadwal awal keempt titik tersebut adalah
1. Lapangan Merdeka Bone.
2. SMA Negeri 6 Bone Kecamatan Kahu.
3. SMA Negeri 15 Bone Kecamatan Ulaweng.
4. SMA Negeri 24 Bone Kecamatan Dua Boccoe.
(SHR-BW)