Dukung Rakyat Minang Jadi Altet Berkuda, Menhan Prabowo Fasilitasi Bibit Kuda Unggulan -->
Cari Berita

Dukung Rakyat Minang Jadi Altet Berkuda, Menhan Prabowo Fasilitasi Bibit Kuda Unggulan

BUGISWARTA.Com, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berjanji akan memberikan bibit kuda unggulan kepada masyarakat Minang. Hal itu diungkapkannya saat membuka acara pacuan kuda Wirabraja Tanah Datar Open Race dan Tradisional yang digelar di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Minggu, (30/4).

"Saya sangat bangga dengan Bupati dan Pemda Kabupaten Tanah Datar dan saya merasa selalu ingin kembali ke sini. Saya dengar rakyat Sumbar sangat berharap ada bantuan kuda-kuda pejantan. Insyaallah kalau ada umpannya dari ninik mamak atau pemda menyiapkan lahan, saya akan kirim kuda ke Sumbar, tapi dengan syarat dia adalah pencinta binatang, jadi harus yakin kuda-kuda itu dirawat dengan baik," kata Prabowo. 

Calon presiden dari Partai Gerindra ini menyampaikan kepada pemda Tanah Datar untuk terus mengembangkan olahraga berkuda bagi masyarakatnya. Sebab kuda pacuan telah menjadi cagar budaya bagi keseharian masyarakat Tanah Datar.

"Saya sering berada di lapangan ini saat kecil dulu. Masih umur lima tahun. Sama dengan pulang kampung rasanya ke sini. Sumbar sudah seperti kampung halaman kedua bagi saya. Terima kasih saya diterima di sini," ujar Ketua Umum Partai Gerindra itu. 

Prabowo pun berharap ke depan olahraga berkuda bisa berkembang pesat tidak hanya di Sumbar tapi juga secara nasional. Karena olahraga ini akan memberikan semangat bagi para pemuda. 

"Kalau ada anak-anak muda atau joki berbakat, kirim ke Jakarta. Kita akan latih semua bidang berkuda. Semoga bisa mewakili kita di panggung nasional dan internasional," janji dia.

Pacu Kuda Wirabraja Tanah Datar Open Race dan Tradisional ini akan berlangsung 30 April sampai 1 Mei 2023 di Gelanggang Pacu Kuda Dang Tuanku Bukit Gombak, Tanah Datar.