Ramadhan, SDN Katokkoan Masamba Gelar Kegiatan Khatam Qur’an bagi Tenaga Pendidik -->
Cari Berita

Ramadhan, SDN Katokkoan Masamba Gelar Kegiatan Khatam Qur’an bagi Tenaga Pendidik

Luwu Utara --- Bulan suci Ramadhan adalah wadah bagi umat muslim memperbanyak amal ibadah. Mengisinya dengan kegiatan bermanfaat dan produktif, membuat kualitas ibadah makin bernilai di hadapan Allah SWT.


Banyak cara meningkatkan kualitas ibadah di bulan Ramadhan. Salah duanya, memperbanyak ibadah sunnah dan kegiatan tadarusan (mengaji). Hal ini pula yang dilakukan tenaga pendidik (guru) di SDN Katokkoan Masamba.

Bahkan, tenaga pendidik (tendik) di SDN Katokkoan yang berjumlah 40 orang, wajib mengikuti kegiatan khatam qur'an. "Para guru wajib khatam qur'an satu kali selama Ramadhan," kata Kepala UPT SDN Katokkoan, Supiyan Sakti, Kamis (6/4/2023), di Masamba.

Kegiatan khatam Qur'an bersama tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, kata dia, adalah kegiatan rutin yang dilakukan saat bulan Ramadhan tiba.

"Jadi, kami bagi habis. Masing-masing guru dapat satu jus. Ada juga yang dapat satu jus untuk dua orang karena jumlah tendik 40 orang," jelasnya.

Supiyan mengatakan, setelah khatam, kemudian para guru dapat melanjutkan kembali kegiatan mengajinya di rumah masing-masing. "Jadi, satu kali khatam di sekolah, selebihnya kembali mengaji masing-masing di rumah," terangnya.

Ia mengatakan bahwa kegiatan khatam qur'an ini dilakukan dalam untuk meningkatkan kualitas ibadah para guru, sehingga akan mendatangkan pahala dan kebaikan. Bukan hanya buat guru tetapi juga buat SDN Katokkoan Masamba.

"Rasulullah SAW bersabda, siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Qur'an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya," ucap Supiyan mengutip salah satu hadis Nabi SAW.

Selanjutnya, Supiyan kembali mengutip hadits Nabi SAW, "Bacalah Al Qur'an, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya".

"Semoga kegiatan ini makin menambah kualitas ibadah kita kepada Allah SWT. Semoga di penghujung Ramadhan nanti dan setelah bulan Ramadhan, kita semua mendapatkan predikat dan derajat taqwa dari Allah SWT. Amin ya Allah," tutupnya.