Gelar Santunan Bersama Anak Yatim, Novita Wijayanti Singgung Konstitusi Pasal 34 ayat 1 -->
Cari Berita

Gelar Santunan Bersama Anak Yatim, Novita Wijayanti Singgung Konstitusi Pasal 34 ayat 1

JAKARTA, Bulan Ramadhan menjadi ladang amal ibadah bagi umat muslim berlomba-lomba menabur kebaikan di dalamnya. Seperti yang dilakukan DPN Srikandi Pemuda Pancasila, misalnya. 

Menggelar acara santunan kepada ratusan anak yatim piatu sudah menjadi agenda rutin di bulan suci yang harus dilakukan.

"Selain ikut serta menebar kebaikan, acara ini dibuat sebagai wujud rasa syukur untuk dapat berbagi kepada puluhan anak yatim piatu," kata Wakil Ketua Umum DPN Srikandi Novita Wijayanti dalam keterangannya, Sabtu (15/4/2023).

Acara yang digelar di Pustakaloka Nusantara IV DPR RI ini, kata Novita, berbagi kepada anak yatim piatu juga sebagai wujud menjalankan sunah atas keteladanan rasullah SAW.

"Rasulullah SAW adalah manusia yang paling mencintai anak yatim. Terlebih Rasulullah merupakan nabi yang dilahirkan dalam keadaan yatim," ucap Legislator Dapil Banyumas Cilacap, Jawa Tengah ini, menuturkan niat kegiatan tersebut.

Mengusung tema tahun ini 'Ramadhan Bersama Anak Yatim' diharapkan menjadi momen yang baik dan berkelanjutan. Bahwasannya, perhatian terhadap kondisi anak yatim pun juga patut diperhatikan, sebagaimana termaktub dalam konstitusi negara ini.

"Keberadaan anak yatim tidak hanya menjadi yang spesial dalam urusan keagamaan bagi umat muslim saja, tetapi juga mendapatkan tempat yang sangat luar biasa dalam konstitusi negara ini," urai Novita, menjelaskan Pasal 34 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 menyebutkan bahwa "Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara".

Sehingga, Novita menghimbau, semua pihak tidak hanya negara saja, agar tetap memberikan perhatian kepada para anak yatim piatu, sebab dari mereka nantilah yang akan menjadi penerus bangsa ini kedepannya.

"Jangan hanya jadikan mereka 'pajangan seremonial' saja di setiap acara-acara kenegaraan maupun swasta, tetapi tetap berikan mereka perhatian dan kasih sayang yang penuh, karena kelak merekalah penerus bangsa ini," pungkas anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra ini.