Raker Dengan Menhub, Novita Wijayanti Soroti Sejumlah Permasalahan -->
Cari Berita

Raker Dengan Menhub, Novita Wijayanti Soroti Sejumlah Permasalahan


BUGISWARTA.com, Jakarta - Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti mengingatkan agar Menteri Perhubungan (Kemenhub) Budi Karya Sumadi dapat meningkatkan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Hal tersebut, kata Novita, agar memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi.


"Program-program infrastruktur berbasis masyarakat dan program padat karya tunai agar lebih ditingkatkan untuk pemulihan ekonomi nasional," kata Novita dalam rapat kerja (Raker) dengan Menteri Perhubungan, di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (18/1/2023).


Tidak hanya itu, Novita juga menyebutkan agar Kementerian Perhubungan juga memberikan perhatian terhadap pembangunan dan rehabilitas pelabuhan ASDP. Termasuk, revitalisasi dan rehabilitasi terminal penumpang berdasarkan Importance Perfornance Analysis (IPA).


"Pembangunan dan peningkatan jalur serta fasilitas operasi kereta api, penyediaan subsidi perintis kereta api, perawatan hingga pengoperasian 

prasarana perkeretaapian milik negara atau Infrastructure Maintanence and Operation (IMO) juga harus diperhatikan," sorot Novita.


Dalam kesempatannya, Novita juga mengingatkan mengenai penyelenggaraan angkutan tol laut, salah satunya dengan pembangunan pelabuhan baru, lanjutan atau penggantian (replacement). Sebab, sambung Novita masih banyak yang perlu diperhatikan, terutama terkait keberadaan sarana bantu.


"Sarana bantu sangat diperlukan, dari keberadaan navigasi pelayaran, menara suar, rambu suar, pelampung suar dan 

pembangunan kapal patroli, harus diperhatikan untuk diadakan,"papar legislator dari Dapil Cilacap- Banyumas, Jawa Tengah ini.


Legislator dari Dapil Jawa Tengah VIII ini kembali menyoroti tentang kondisi atau keberadaan bandara, salah satunya yang ada di Cilacap, Jawa Tengah. Dikatakannya, saat ini bandara sudah tidak ada penerbangan. Sehingga, alangkah baiknya dijadikan untuk sekolah penerbangan saja.  


"Di Cilacap ada dua sekolah penerbangan, saya usul di moment ini, kalau di tempat saya itu penerbangannya (bandara) di jadikan sekolahan sekalian, kalau itu dijadikan sekolah penerbangan alangkah bagusnya," pungkas politikus Gerindra ini.