Prabowo Subianto Sebut Gerakan Pendidikan Jadi Hal Utama dalam Memimpin Perubahan -->
Cari Berita

Prabowo Subianto Sebut Gerakan Pendidikan Jadi Hal Utama dalam Memimpin Perubahan


BUGISWARTA.com, BOGOR – Ketua Umum partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto mengatakan bahwa pemimpin- pemimpin besar dunia dalam memimpin perubahan besar, pembangunan dan kebangkitan-kebangkitan selalu menempatkan pendidikan sebagai hal paling utama.


Hal itu disampaikan Prabowo Subianto dalam kegiatan pengukuhan guru besar ketua harian DPP Partai Gerindra Prof. Dr. Sufmi dasco Ahmad, SH, MH di Sentul City International Convention Center (SICC) Kabupaten Bogor, 1 Desember 2022.


“Di setiap peradaban yang besar guru itu adalah suatu panggilan yang sangat menentukan apakah peradaban itu berhasil atau tidak pemimpin-pemimpin yang besar di dunia yang memimpin perubahan yang memimpin pembangunan yang memimpin kebangkitan-kebangkitan suatu bangsa yang memimpin perjuangan-perjuangan kemerdekaan selalu menempatkan pendidikan selalu terutama yang paling utama,” kata Prabowo Subianto.


Menhan RI ini menceritakan bagaimana kebangkitan sebelum kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945, yang mana didahului dengan munculnya gerakan-gerakan pendidikan baik itu pendidikan agama maupun pendidikan kebangsaan.


“Kita lihat sejarah kita sendiri, kita hormati proklamator 17 Agustus 1945 dan semua yang ikut dalam perjuangan itu tapi kita sadar bahwa kebangkitan kita, kemerdekaan kita dimulai jauh sebelum tahun 1945, Bangkitnya adalah pada saat tokoh-tokoh bangsa kita muncul sebagai pendidik, muncul dan menyelenggarakan gerakan-gerakan pendidikan apakah melalui gerakan-gerakan pendidikan agama ataupun pendidikan-pendidikan kebangsaan,” lanjutnya.


Seperti halnya yang terjadi pada era Kebangkitan Budi Utomo, Gerakan Taman Siswa, Ki Hajar Dewantara menurutnya disitu diletakkan nilai-nilai, kebangkitan bangsa hingga akhirnya mencapai kemerdekaan.


Kemudian Prabowo Subianto merasa bahagia sebagai seorang sahabat dari Prof. Dr. Sufmi Dasco Ahmad menurutnya dalam kehidupan masyarakat jika berjuang bersama tidak ada atasan dan bawahan.


“Jadi kalau kita berjuang bersama kalau kita memiliki tujuan yang sama, kalau kita memperjuangkan nilai yang sama, kita menjadi kawan seperjuangan,” kata Prabowo kepada Wakil Ketua DPR RI, Prof. Sufmi Dasco.