Ribuan Peserta Meriahkan Defile HKN ke-58 Tingkat Kabupaten Sidrap -->
Cari Berita

Ribuan Peserta Meriahkan Defile HKN ke-58 Tingkat Kabupaten Sidrap

BUGISWARTA.com, SIDRAP Pemerintah Kabupaten Sidrap melaksanakan defile dalam rangka menyemarakkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Selasa, (8/11/2022).

 

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Kompleks SKPD Sidrap  melibatkan 29 kontingen, dengan jumlah peserta tidak kurang 2.500 orang.

 

Para peserta berasal dari 14 puskesmas, 3 rumah sakit (RSU Nene Mallomo, RSU Arifin Nu'mang, dan RSU Anugrah) serta ITKES Muhammadiyah Sidrap

Selain itu, juga melibatkan organisasi profesi kesehatan seperti Ikatan Dokter Indonesia, Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Ikatan Apoteker Indonesia, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Perawat Indonesia, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia, Patelki dan Hakli.

 

Dalam acara itu, para peserta defile menyuguhkan atraksi yang menarik, beberapa di antaranya mengenakan kostum yang unik. Adapun jurinya dari kalangan independen Polres dan Kodim 1420 Sidrap.

 

Kadis Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Sidrap, Dr.Ns. H. Basra, S.Kep. M.Kes menjelaskan, HKN ke-58 mengangkat tema "Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku".

 

Peringatan tersebut, sambungnya, menjadi momentum meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan. 

 

"Karenanya, sosialisasi dan edukasi kesehatan harus terus dimasukkan. Kesehatan adalah karunia yang mahal dan penting. Dengan fisik dan mental yang sehat maka muncul kebahagiaan," ujarnya.

 

Lebih jauh Penjabat Sekda Sidrap itu mengatakan, di samping sebagai hiburan, kegiatan defile diharap dapat menjadi wadah pemersatu dan peningkatan tali persaudaraan semasa pelayan kesehatan di Bumi Nene Mallomo Sidrap.

 

Ketua Panitia, Mahmuddin mengatakan ada berbagai perlombaan olahraga dan kesenian yang dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan HKN ke-58, mulai 2-9 November 2022.

 

Untuk lomba olahraga yakni bola voli, tarik tambang, takraw, lari kelereng, makan kerupuk, enggrang. Kemudian lomba menu makanan 4 sehat 5 sempurna.

 

Sementara kesenian ada lomba nyanyi lagu wajib dan lagu bebas, penilaian kebersihan dan kinerja puskesmas.