Liga Siswa SD Dimulai, Wujud Pembinaan Sepak Bola Sejak Usia Dini -->
Cari Berita

Liga Siswa SD Dimulai, Wujud Pembinaan Sepak Bola Sejak Usia Dini

BUGISWARTA.com, SIDRAP – Ketua Askab PSSI Sidrap, Soetarmi DM resmi membuka turnamen sepak bola Liga Siswa Sekolah Dasar tingkat Kabupaten Sidrap, Ahad (13/11/2022).

 

Liga diikuti 22 tim dari 11 kecamatan di Kabupaten Sidrap, dipusatkan didi Lapangan Sepak Bola Bojoe, Kecamatan Watang Pulu, 13-27 November 2022.

 

Acara pembukaan dihadiri Pejabat Sekda Sidrap, H Basra, Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah, Kajari Sidrap, Hasnadirah, Kasdim 1420 Sidrap, Kepala Disdikbud Sidrap, Faizal Sehuddin, dan perwakilan Disporapar Sidrap.

 

Basra dalam sambutannya mengatakan apresiasi atas terselenggaranya turnamen Liga Siswa SD tingkat Kabupaten Sidrap.

 

"Tentu, Pemda Sidrap sangat mendukung kegiatan seperti ini sebagai ajang prestasi yang bisa membanggakan Sidrap di tingkat provinsi maupun nasional," ujarnya.

 

Sementara Kapolres Sidrap menyemangati para pemain serta mengajak seluruh panitia serta penonton untuk selalu menjaga kondisi aman kondusif selama pertandingan berlangsung.

 

"Saya Kapolres Sidrap mengajak kepada semua pihak, agar bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan kegiatan turnamen ini berlangsung," ungkapnya.

 

Ketua Askab PSSI Sidrap, Soetarmi mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas kerja sama Askab PSSI bersama Disdikbud dan Disporapar Sidrap dalam rangka membina generasi muda khususnya di cabang olahraga sepak bola.

 

Dikatakannya, pertandingan sepak bola untuk usia anak SD pernah terlaksana pada tahun 90-an, namun seiring waktu turnamen tersebut hilang.

 

"Makanya kami mencoba membangkitkan lagi semangat dunia persepakbolaan khususnya anak-anak usia SD dan SMP dengan tujuan membina sekaligus mencari bibit-bibit pemain andal," ujarnya.

 

Soetarmi mengatakan, turnamen tersebut sekaligus untuk menjaring pemain-pemain terbaik untuk dimasukkan ke tim PS Nemal untuk dipersiapkan di Liga Soeratin usia 13, 15 maupun 17 serta liga III tahun 2023 mendatang.

 

Seperti diketahui, dua putra terbaik dari SMPN 1 Dua Pitue telah menorehkan prestasi juara III tingkat nasional dalam Gala Siswa Indonesia (GSI) di Asiop Training Ground, Sentul Bogor, Jawa Barat.

 

Usai pembukaan, dilanjutkan pertandingan perdana antara Tim Maritengngae dan Tim Tellu Limpoe yang dimenangkan Tim Maritengngae dengan skor 5-4 lewat adu penalti.