Bahas Singkong di G20, Prabowo: Indonesia Bisa Sediakan Pangan untuk 8 Miliar Orang di Dunia -->
Cari Berita

Bahas Singkong di G20, Prabowo: Indonesia Bisa Sediakan Pangan untuk 8 Miliar Orang di Dunia


BUGISWARTA.com, BALI --
 Dalam pidatonya di Global Food Security Forum, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membahas soal strategi lumbung pangan atau food estate yang ia inisiasi. Menurutnya, strategi tersebut dapat berkontribusi besar dalam menjaga ketahanan pangan dunia


"Tujuan kita adalah memberikan makan 8 miliar orang," ucapnya di Nusa Dua Bali pada Ahad, 13 November 2022. 


Ia mengatakan tugas pemerintah adalah memastikan ketersediaan dan keterjangkauan pangan demi mencapai target nol kelaparan. Target itu pun merupakan nomor kedua dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). 


Oleh karena itu, ia membeberkan strateginya dalam mengubah 16 juta hektar hutan Indonesia yang telah terdegradasi untuk menjadi lahan produktif.


Menurut Prabowo, sebetulnya ada 80 juta hektar hutan yang telah terdegradasi akibat kerakusan kapitalis di masa lampau. Namun, hanya 8 hektar yang akan dimanfaatkan untuk lahan produksi pangan dan 8 hektar lainnya untuk produksi energi. 


Untuk mengubah hutan tersebut, menurutnya, tidak membutuhkan banyak teknologi. Sebab, kata dia, sumber daya alam Indonesia yang melimpah telah memberikan banyak keuntungan dan kemudahan. Lahan tersebut akan ditanami akan ditanami sawit, aren, hingga singkong.


Selengkapnya Buka di Link Ini :