HUT ke 14, PIRA dan GERINDRA Bersatu, Bersama Membangun Bangsa -->
Cari Berita

HUT ke 14, PIRA dan GERINDRA Bersatu, Bersama Membangun Bangsa


“PIRA sejak awal berjuang untuk berkembang dan bergerak di seluruh wilayah Republik Indonesia, sampai ke desa-desa. Jelang tahun politik 2024, PIRA akan sangat kuat bekerja mendukung Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). ‘Prabowo Presiden, GERINDRA Menang’ demikian cita-cita kita menjelang tahun politik ini.

(dr. Sumarjati Arjoso, S.K.M, Ketua Umum Pengurus Pusat PIRA pada acara Pendidikan Politik untuk PP-PIRA, Jakarta, 27 Mei 2022)

 

BUGISWARTA.com, JAKARTA -- Perempuan Indonesia Raya (PIRA) didirikan sebagai ujung tombak gerakan perempuan di dalam Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA). PIRA dibentuk di Jakarta pada 9 Oktober 2008, sebagai organisasi sayap perempuan yang berdiri tak lama setelah berdirinya Partai GERINDRA pada 6 Februari 2008. PIRA mengajak perempuan Indonesia berpartisipasi dalam segala aspek kehidupan sebagai warga bangsa, utamanya berpolitik praktis.

 

Separuh dari lebih 270,20 juta penduduk Indonesia adalah perempuan. Maka, rayanya Indonesia, juga ditentukan oleh andil para perempuan negeri ini. Perjalanan menuju bangsa yang berhasil, besar dan bermartabat, separuhnya terwujud lewat peran perempuan. Politik dalam kehidupan sehari-hari, bukan hal yang asing bagi perempuan. Tetapi, politik dalam jalur resmi dan terakreditasi di dalam partai politik, masih langka untuk perempuan.

 

Partai GERINDRA sadar betul akan fakta ini. Perempuan Indonesia adalah potensi. Mereka pasti mampu berperan strategis di tengah segala kondisi masyarakat. Sejarah membuktikan, di saat kritis, seringkali perempuan memiliki ketangguhan dan inisiatif untuk bangkit menopang keluarga dan akhirnya menyelamatkan masyarakat di lingkungannya. Langkah mereka tercatat telah berkali-kali berhasil memperbaiki kondisi perekonomian, sosial, dan kesehatan, baik di tingkat pedesaan maupun perkotaan.

 

PIRA, organisasi sayap partai GERINDRA yang menjadi wadah bagi kader perempuannya untuk mengembangkan diri di semua lini kehidupan. Visi PIRA adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui gerakan perempuan, mulai dari ekonomi kerakyatan, pendidikan, dan kesehatan dalam rangka kemandirian bangsa.

 

14 Tahun PIRA, Bersinergi Bersama GERINDRA


Peringatan ulang tahun PIRA ke-14 tahun 2022 ini, peringatan yang berbeda dan sangat kuat magnitudonya dibandingkan ulang tahun PIRA di tahun-tahun sebelumnya. Catatan keberhasilan PIRA dalam usianya sekarang ini akan dijabarkan dalam urutan berikut.

 

Pertama, pada usia ke-14 tahun 2022, PIRA telah berkembang di seluruh wilayah Indonesia dengan Pimpinan Daerah (PD) di 34 Provinsi dan Pimpinan Cabang (PC) di 200 Kabupaten/Kota bahkan sampai ke ranting dan anak ranting.

 

Kedua, Partai Gerindra pada periode masa bakti anggota legislatif 2019-2024 diperkuat dengan 15 anggota legislatif perempuan di tingkat pusat atau DPR RI dan 40 anggota legislatif perempuan di tingkat provinsi atau DPRD tingkat I. Seluruh anggota DPR RI perempuan periode ini, yaitu 15 anggota DPR RI perempuan, adalah bagian dari 78 anggota DPR RI Fraksi GERINDRA, atau 19,2%. Sedangkan rekapitulasi keterwakilan perempuan di DPR RI saat ini adalah 118 anggota legislatif perempuan dari 575 anggota DPR RI, atau 20,5%.

 

Ketiga, terbitnya buku PIRA Berdaya, GERINDRA Berjaya (Media Pandu Bangsa, 2022). Buku ini adalah buku pertama yang terbit sepanjang PIRA berdiri, menceritakan dengan singkat-padat perjalanan PIRA bersama GERINDRA sejak 2008-2022. Buku ini terbit sebagai wujud semangat PIRA yang menjadi bagian dalam perjuangan kemenangan Partai GERINDRA dalam Pemilu 2024 dan terpilihnya H.Prabowo Subianto sebagai Presiden RI 2024-2029.

 

Rangkaian acara HUT PIRA ke-14 tahun 2022, dimulai sejak sejak Jumat, 7 Oktober 2022, sampai Minggu, 16 Oktober 2022. Acara ini dimulai dengan bakti sosial “Jumat Berkah” yaitu pembagian nasi bungkus kepada kurang lebih 1.600 penerima di sembilan titik di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Kemudian, dilanjutkan dengan puncak acara di kantor DPP Partai GERINDRA pada Minggu, 9 Oktober 2022 dengan kegiatan Layanan Kesehatan Gratis untuk Masyarakat dan Peringatan Maulid Nabi.


Selanjutnya, pemotongan tumpeng oleh para pembina, pengurus, undangan dan para kader yang hadir. Acara puncak akan diikuti oleh para pengurus dan kader PIRA di seluruh Indonesia, lewat daring/online. Pemotongan tumpeng dipimpin oleh Ketua Umum PP-PIRA dr. Sumarjati Arjoso S.K.M., didampingi oleh para pembina dan penasehat. 

 

Penutup rangkaian acara HUT ke-14 PIRA adalah “Jalan Sehat PIRA” yang akan dilakukan oleh para kader PIRA di sekitar stadion Gelora Bung Karno pada Minggu, 16 Oktober 2022.