Tak Malu Melawan Konstitusi -->
Cari Berita

Tak Malu Melawan Konstitusi

BUGISWARTA.COM, GERAKAN mengegolkan penundaan Pemilihan Umum 2024 ataupun memperpanjang masa jabatan presiden makin masif. Orang-orang dekat Presiden Joko Widodo ditengarai menjadi aktor di belakang gerakan tersebut. 


Meski publik menolak rencana yang bertentangan dengan konstitusi itu, Jokowi tak tegas menyatakan sikap dan mengklaim akan taat konstitusi yang masih bisa diamandemen.


Pertempuran di Udara


Data Drone Emprit, situs pemantau percakapan di media sosial, menunjukkan wacana penundaan pemilu ramai diperbincangkan sejak 23 Februari hingga 7 Maret lalu. Sempat menurun, diskusi kembali menghangat setelah 12 Maret lalu.


82 tokoh membicarakan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan Jokowi.


 64 tokoh atau 78 persen di antaranya menolak wacana tersebut.


14 tokoh (17 persen) mendukung perpanjangan masa jabatan Jokowi.


 4 tokoh (5 persen) mengusulkan Jokowi bisa menjabat tiga periode.


Gerilya Darat


Jakarta

Silaturahmi Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)

Dalam acara silaturahmi di Istora Gelora Bung Karno, Selasa, 29 Maret lalu, ada usul agar masa jabatan Jokowi diperpanjang. Jokowi dan Luhut Pandjaitan hadir dalam acara tersebut.


Banten

Silaturahmi Ulama dan Tokoh Masyarakat di Banten

Mantan Bupati Lebak, Mulyadi Jayabaya, meminta masa jabatan Jokowi diperpanjang dalam acara di rumahnya, Kamis, 31 Maret lalu. Luhut Pandjaitan menyatakan usul itu sah dan tak perlu diributkan.


Koalisi Bersama Rakyat Indonesia (Kobar) dan RI Satu Jokowi

Dua kelompok relawan Jokowi menggelar kampanye Jokowi harus menjadi presiden lagi di Desa Mekar Jaya, Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis, 24 Maret lalu.


Jawa Barat

Relawan Jokowi di daerah Bandung Raya berkumpul di Dome Bale Rame Gedung Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu, 19 Maret lalu. Mereka menyatakan kesetiaan kepada Jokowi.


Jawa Tengah

Ribuan relawan Jokowi menggelar pertemuan di Gelanggang Olahraga Satria, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis, 27 Maret lalu. Mereka juga mendeklarasikan kesetiaan kepada Jokowi.


Jawa Timur

Baliho berisi ajakan mendukung Jokowi tiga periode bermunculan di Surabaya, Rabu, 16 Maret lalu.


Riau

Delapan kelompok relawan, seperti Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) dan Sedulur Jokowi, mendukung Jokowi menjabat tiga periode di GOR Rumbai, Jumat, 5 Maret lalu.

 

Sumber Tempo