Yeti Kristianti Soroti Naiknya Komoditas Pangan -->
Cari Berita

Yeti Kristianti Soroti Naiknya Komoditas Pangan

Bugiswarta.com, Pati -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati Jawa Tengah, Yeti Kristianti menyorot kenaikan harga komoditas pangan menjelang bulan suci Ramadhan.


Menurut legislator Partai Gerindra ini, kenaikan berbagai komoditas bisa meresahkan masyarakat, terutama ibu-ibu yang bersentuhan dengan dapur setiap hari.


Namun dia memahami bahwa kenaikan harga di pasaran dilatarbelakangi oleh berbagai hal termasuk diantaranya permintaan pasar yang terus meningkat.


"Naiknya harga sembako ini dikarenakan banyaknya permintaan pasar. Selain itu, proses pendistribusian yang cukup panjang menjadi alasan tersendiri naiknya harga pangan,” ujarnya,23 Maret 2022


Selain kedua hal tersebut, Yeti juga menyoroti adanya dugaan permainan pedagang besar yang sengaja menimbun barang kemudian menaikkan harga.


“Saya khawatir adanya kartel-kartel yang bermain dalam hal menimbun barang dan kemudian menaikkan harganya,” tambah anggota Fraksi Partai Gerindra ini


Yeti yang juga ketua PD Tidar Kabupaten Pati Jawa Tengah mendesak pemerintah Pati segera mencari jalan keluar dalam menghadapi permasalahan supaya masyarakat bisa membeli barang dengan harga normal.


"Solusinya pemerintah harus memberikan jalan keluar untuk menghadapi hal itu misalnya harus operasi harga pasar , kemudian mengadakan pasar murah untuk menstabilisasi harga atau memerangi kartel 2 yang memainkan harga," tuturnya.


Dia meminta semua elemen dan stakeholder Kabupaten Pati harus bersama sama dan gotong royong untuk mengantisipasi hal ini, terlebih masih dalam situasi pandemi.


"kita harus berpihak pada kepentingAn warga masyarakat Pati," ucapnya.