Harga Pertamax 14.000, Dirut Minta DPR Setuju Naikkan Harga BBM -->
Cari Berita

Harga Pertamax 14.000, Dirut Minta DPR Setuju Naikkan Harga BBM


Bugiswarta.com, Jakarta -- Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, meminta DPR menyetujui kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax. 


Saat ini, Pertamax masih dipatok seharga Rp9.000 per liter, jauh di bawah harga pasar yang sudah mencapai Rp14.000 per liter.


Menurut dia, harga Pertamax belum mengikuti harga pasar saat ini. Untuk itu, diperlukan dukungan dari pemerintah dan anggota legislatif untuk menaikan harga BBM tersebut. 


"Hari ini Pertamax belum mengikuti mekanisme pasar, jadi dukungan (DPR) untuk Pertamax masih perlu," kata Nicke Widyawati, saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR, dikutip Selasa (29/3/2022).


Dia menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan harga Pertamax akan menyentuh Rp16.000 per liter, pada April 2022 mendatang. 


Hal itu, terkait dengan tren kenaikan harga minyak dunia yang sudah menembus 120 dolar Amerika Serikat (AS) per barel akibat perang Rusia-Ukraina yang telah mengganggu pasokan minyak dunia. 

Klik artikel Asli