Wakil Ketua MPR RI Ikut Sikapi Desa Wadas -->
Cari Berita

Wakil Ketua MPR RI Ikut Sikapi Desa Wadas

dokumentasi Gerindra
Bugiswarta.com, Jakarta Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyayangkan insiden yang terjadi saat pengukuran lahan pembangunan Bendungan Bener di Desa Wadas, Purworejo, Jawa Tengah. Dia mendorong pengukuran lahan di lokasi ditahan dulu seraya pemerintah melakukan pendekatan ke masyarakat.


"Mestinya kita belajar dari berbagai macam kasus dalam menangani persoalan-persoalan ini. Kan dalam pemerintahan Pak Jokowi sudah sekian ribu kilometer membangun jalan tol, nyaris tidak ada masalah. Ini kenapa kemudian terjadi persoalan seperti ini. Itu yang kemudian disayangkan oleh kami dan saya kira banyak pihak menyayangkan itu," kata Ahmad Muzani kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/2/2022).


"Sebaiknya, menurut saya, menurut kami ditahan dulu. Pengukuran dan target-target pembangunan saya kira itu menjadi penting tetapi karena ada situasi seperti ini sebaiknya ditahan dulu, sambil terus dilakukan pendekatan kepada masyarakat," lanjutnya.


Dia mewanti-wanti kepentingan pembangunan nasional yang dilakukan pemerintah jangan sampai kehilangan pendekatan manusiawi.


"Kepentingan nasional adalah kepentingan di mana kemajuan, pembangunan, harus jalan tapi jangan hanya itu terus kita kemudian kehilangan kesabaran, kehilangan pendekatan yang lebih manusiawi," kata dia.


Sekjen Partai Gerindra itu berharap semua pihak dapat menahan diri dan dapat membahas permasalahan itu hingga selesai. Dia mendorong adanya proses komunikasi yang komprehensif dan kesabaran dari pemerintah terhadap warga.


"Meskipun demikian, persoalan ini telah menimbulkan problem. Saya berharap semua pihak menahan diri dan semuanya bisa menyelesaikan dalam satu meja supaya selesai. Harus ada komunikasi yang komprehensif, harus ada kesabaran yang panjang dalam setiap pendekatan kepada masyarakat. Apa pun tema pendekatan itu," katanya.