La Nyalla Dukung Perubahan Nama Provinsi Jawa Barat Jadi Provinsi Sunda -->
Cari Berita

La Nyalla Dukung Perubahan Nama Provinsi Jawa Barat Jadi Provinsi Sunda

BUGISWARTA.com, SUBANG - Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, mendukung keinginan masyarakat Sunda untuk mengubah nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Sunda.


Keinginan itu tertuang dalam Maklumat Sunda yang kemudian diamanatkan kepada La Nyalla agar diperjuangkan ke Pemerintah Pusat.


"Kemajuan daerah dapat dicapai dengan semangat kecintaan warga terhadap tanah kelahirannya. Salah satu jalan untuk membangkitkan semangat tersebut, bisa dicapai dengan menggugah kesadaran kolektif warganya tentang hakikat sejarahnya," ujar La Nyalla usai menerima Maklumat Sunda, di Subang, Rabu (2/2/2022).


Karena itu, La Nyalla menilai keinginan Masyarakat Sunda hal yang wajar. Apalagi sejarah Tatar Sunda yang lahir dari Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh, yang kemudian menyatu, memiliki sejarah panjang.


Tatar Sunda masuk dalam dua babak yakni masa prasejarah dan masa sejarah. Dua babak besar sejarah ini menjadi keunikan tersendiri dari Tatar Sunda karena tidak semua provinsi di Indonesia mengalami.


USMAN