Bandingkan Insiden Wadas dengan Suksesnya Pembangunan Jalan Tol Jokowi -->
Cari Berita

Bandingkan Insiden Wadas dengan Suksesnya Pembangunan Jalan Tol Jokowi


Bugiswarta.com, Jakarta -- Wakil ketua MPR RI, H. Ahmad Muzani menanggapi insiden pengukuran tanah di Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 


Seharusnya kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra pemerintah setempat bisa meniru cara yang dilakukan Presiden Joko Widodo ketika melakukan pembangunan infrastruktur jalan tol.


"Mestinya kita belajar dari berbagai macam kasus dalam menangani persoalan-persoalan ini. Kan dalam pemerintahan Pak Jokowi sudah sekian ribu kilometer membangun jalan tol, nyaris tidak ada masalah, ini kenapa kemudian terjadi persoalan seperti ini," ujar Muzani di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (10/2/2022).


Pemerintah pusat dan daerah, kata Muzani, harus memperhatikan kepentingan lokal dan nasional dalam proyek yang dilakukan di Desa Wadas. Ia berharap adanya komunikasi dari semua pihak dalam satu meja untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.


'Saya berharap semua pihak menahan diri dan bisa menyelesaikan dalam satu meja supaya selesai. Harus ada komunikasi yang komprehensif," ujar Muzani.


 Kendati demikian, ia menyayangkan jika benar adanya kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian kepada warga di Desa Wadas. Muzani meminta semua pihak menahan diri terkait polemik yang terjadi di sana.


"Sekali lagi, menghadapi masyarakat kita harus double kesabaran, kita harus double kekuatan. Karena inilah suatu dan di manapun selalu begitu," ujar Muzani.


Apalagi ini telah menimbulkan luka di hati masyarakat. Toh ini bukan sebuah target yang harus dilakukan cepat, harus tahun ini, kan tidak juga," ujar wakil ketua MPR itu.