Prabowo Subianto Jadi Warga Kehormatan Utama Korps Brimob Polri -->
Cari Berita

Prabowo Subianto Jadi Warga Kehormatan Utama Korps Brimob Polri

Foto : FB Kementerian Pertahanan Republik Indonesia

Bugiswarta.com, Jakarta -- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga ketua umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menerima penganugerahan sebagai Warga Kehormatan Utama Korps Brimob Polri, Jumat, 12 November 2021 di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok Jawa Barat.


Penghargaan tersebut diberikan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Korps Brimob Polri yang ke-76 pada 14 November 2021 mendatang.


Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menyampaikan pesan agar TNI dan Polri selalu kompak dan bersatu, dan tidak mudah dipecah belah. 


Karena dengan kekompakan tiga elemen ini yakni, TNI, Polri, dan aparatur sipil negara (ASN) yang unggul jadi kunci kebangkitan bangsa Indonesia.


"Jagalah kehormatan dan nama baik karena Korbrimob Polri adalah salah satu pasukan andalan Indonesia, Korbrimob harus menjadi pasukan yang tangguh, kuat dan andalan bangsa, serta dicintai rakyat," kata Prabowo Subianto.


Kemudian Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membuka rahasia nama belakangnya, yaitu Subianto kepada anggota Brimob.


Prabowo bercerita mengenai sosok almarhum Pamannya yang tidak diketahui oleh banyak orang sebelumnya.


"Di keluarga saya, orangtua saya pak Soemitro punya adik laki-laki yang gugur waktu perang kemerdekaan. Yang satu sebagai taruna di Akmil Tangerang, namanya Suyono, gugur umur 16 tahun bersama dengan Daan Mogot pada peristiwa Lengkong, Januari 1946," cerita Prabowo di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.


Prabowo Subianto kemudian menceritakan bahwa ada prajurit Polisi Istimewa yang menjadi bagian dari keluarga besarnya. Yakni pamannya yang ternyata seorang perwira Polri. Bahkan bagian dari namanya saat ini berasal dari nama sang paman yang merupakan anggota dari Polisi Istimewa itu.


"Yang banyak tidak tahu, paman saya yang satu lagi, kakaknya Suyono, namanya Subianto. Itulah nama yang saya sandang sekarang, Prabowo Subianto,” ungkapnya.


Mantan Danjen Kopassus ini melanjutkan, karier sang paman, saat awal kemerdekaan Indonesia sudah tergabung dengan korps Bhayangkara sebagai Polisi Istimewa, yakni cikal bakal Brimob saat ini.


“Subianto itu dari Agustus 1945 tergabung dalam Polisi Istimewa. Polisi Istimewa adalah cikal bakal dari Brimob, jadi bisa dikatakan bahwa paman saya ya memang korps Brimob,” imbuhnya.


Oleh karena itu, dengan pemberian anugerah yang diberikan oleh Korps Brimob kepadanya hari ini sebagai Warga Kehormatan Utama, Prabowo mengaku sangat terharu.


“Jadi mungkin takdir, ada malaikat yang membisikkan komandanmu, mungkin paman saya lihat dari atas. Hari ini kebahagian bagi saya bahwa saya keponakan polisi istimewa, seorang Brimob," tutur Prabowo.


Selanjutnya dalam momen penganugerahan tersebut, Prabowo berterima kasih pada Dankorbrimob Inspektur Jenderal Anang Revandoko. Dia juga menerima Brevet Roda Kompas Brimob yang disematkan oleh Anang langsung.


Prabowo Subianto juga nampak berkesempatan meninjau Mako Korbrimob dengan mengendarai Kendaraan Khusus Maung didampingi oleh Anang, Komandan Pasukan Pelopor Korbrimob Polri Brigjen Imam Widodo, dan Wakil Komandan Korps Brimob Polri Brigjen Setyo Budi Mumpuni Harso. Mm