Endang Thohari, Dorong Ibu-Ibu Buat Cadangan Pangan Mandiri di Halaman Rumah -->
Cari Berita

Endang Thohari, Dorong Ibu-Ibu Buat Cadangan Pangan Mandiri di Halaman Rumah

BUGISWARTA.com, Bogor -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), DR.Ir.Hj, Endang Setyawati Thohari, DESS, M,Sc, fasilitasi kaum ibu untuk membuat cadangan pangan mandiri di halaman rumah.


Anggota Komisi IV bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan pertanian Balitbangtan Kementerian Pertanian RI melatih Perempuan Indonesia Raya (PIRA ), Perempuan Penggiat Pertanian Indonesia (PPPI ), Dekopin, anggota Koperasi Garudayaksa Nusantara, belajar budidaya Tanaman Hias, Rempah dan Obat herbal Rumah Aspirasi Endang Setyawati, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor


"Beberapa materi yang diturunkan diantaranya, hasil olahan rempah sebagai obat di masa pandemi dengan pemateri ibu Rismayani, S.P, M Agr, dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, kemudian dilanjutkan dengan Budaya Tanaman Bunga Anggrek oleh ibu Dr Dedeh Kurniasih perwakilan dari Balithi Balai Penelitian Tanaman Hias, lalu Ibu Pebriyanti M. Si dari Balithi juga memberikan praktek cara dan budidaya tanaman bunga berdaun indah," kata Endang Setyawati Thohari, 7 November 2021


Bukan hanya itu, dalam acara tersebut juga dikemas kegiatan untuk mendukung produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal dengan bazar.


"Beragam produk alami yang berasal dari tumbuhan telah menjadi komoditi komersial yang menarik bagi para pengusaha tanaman, "Lanjut Endang Setyawati Thohari.


Menurutnya selama ini masih banyak mengelola halaman rumah dengan budidaya seadanya dan sangat terbatas, padahal ada potensi yang bisa dimanfaatkan bukan hanya bernilai ekonomis akan tetapi juga menjadi cadangan pangan, obat-obat dan lainnya.


"Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan bahan baku tanaman obat, tanaman hias, dan tanaman pangan adalah dengan melakukan pengembangan budidaya di pekarangan rumah atau memanfaatkan sepanjang pinggiran jalan yang masih kosong, tentunya akan lebih memberdayakan para warga," paparnya.


Dia berharap dengan kegiatan tersebut masyarakat termotivasi untuk bercocok tanam, baik itu tanaman hias, tanaman obat dan sayur-sayuran atau bahan tanaman lainnya.