Prabowo Beri Kuliah Umum di UKI Toraja -->
Cari Berita

Prabowo Beri Kuliah Umum di UKI Toraja

Foto FB Kementrian Pertahanan Republik Indonesia

BUGISWARTA.com, Toraja -- Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto yakin putra putri asal Tanah Toraja bisa mewujudkan cita-cita luhur pendiri bangsa. 


Hal itu yang disampaikan saat melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Senin (18/10/2021)


"Putra dan putri Toraja cerdas dan pemberani, saya yakin bisa mewujudkan cita-cita luhur tersebut," kata Prabowo saat memberikan kuliah umum dan pembekalan kepada mahasiswa dan civitas akademika di Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja.


Sebagai Menhan RI, Prabowo mengingatkan tentang pentingnya memiliki pertahanan yang kuat bagi sebuah negara. Adapun pemahaman ini juga disadari oleh Presiden Joko Widodo. Menurutnya, pertahanan yang kuat akan membuat Indonesia menjadi damai dan sejahtera.


"Kalau kita kuat akan terjadi perdamaian, dan Indonesia akan menjadi negara yang makmur," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis, Senin (18/10/2021).


Lebih lanjut Prabowo menyampaikan kekuatan sebuah negara dan bangsa menjadi hal penting dalam menjaga kekayaan dan kedaulatan. 


Hal ini sesuai dengan ungkapan latin yang terkenal di kalangan militer 'Si vis pacem, para bellum', yang artinya 'jika ingin perdamaian, bersiaplah untuk perang'.


Oleh karena itu, Prabowo mengimbau agar putra-putri Toraja tetap menjaga persatuan dan kesatuan guna mencapai tujuan bangsa, yakni melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia sebagaimana tercantum pada Pembukaan UUD 1945. Menurut Prabowo, tujuan tersebut juga menunjukkan fungsi pertama pemerintah adalah melindungi pertahanan negara.


Diketahui, dalam kunjungan kerjanya ke Toraja, Prabowo juga dijadwalkan untuk menghadiri pelantikan Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) yang diketuai Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa.


*****