Legislator Gerindra Jawa Barat 'Support' Pelestarian Kesenian Wayang Golek -->
Cari Berita

Legislator Gerindra Jawa Barat 'Support' Pelestarian Kesenian Wayang Golek

Ibnu Ariebowo Kusumo - Istimewa

Bugiswarta.com, Jawa Barat -- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) RM Ibnu Ariebowo Kusumo mengatakan bahwa Kesenian Wayang Golek adalah salah satu kebudayaan Sunda yang harus dilestarikan sebagai bentuk kecintaan dan terhadap warisan kebudayaan Sunda.


Hal itu disampaikan Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat ini saat melakukan kunjungan kerja dalam rangka meninjau perkembangan kesenian Wayang Golek Giri Harja pada masa pandemi ke Saung Putra Giriharja 3, Jelekong, Baleendah, Bandung Jumat, 17 September 2021.


“Kesenian Wayang Golek adalah salah satu kebudayaan Sunda yang harus dilestarikan, salah satu pelaku kesenian tersebut adalah Asep Sunandar Sunarya yang mendirikan Padepokan Giri Harja. Kini, budaya tersebut secara turun temurun dilakoni oleh putra-putra beliau,” ungkapnya melalui unggahan Facebook Gerindra Jawa Barat yang dikutip Bimata.id, Kamis 30 September 2021.


Seperti yang diketahui bahwa Wayang golek merupakan salah satu dari ragam kesenian wayang, yang berasal dari masyarakat Sunda di Jawa Barat. Pertunjukan seni wayang golek merupakan seni pertunjukan teater rakyat yang banyak dipergelarkan.