Putih Sari Menyoal Rendahnya Anggaran Penanggulangan TBC -->
Cari Berita

Putih Sari Menyoal Rendahnya Anggaran Penanggulangan TBC

Putih Sari bersama H Prabowo Subianto - FB Drg. Putih Sari
Bugiswarta.com, Karawang -- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Putih Sari menyoroti anggaran penanggulangan Tuberkulosis (TBC) yang masih rendah.


Menurutnya, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 67 Tahun 2021 tentang penanggulangan TBC, Putih mengatakan anggaran penanggulangan TBC baru mencapai 26 persen.



“Anggaran penanggulangan TBC yang ada saat ini masih jauh dari skema Stranas (Strategi Nasional) Penanggulangan TBC. Saat ini baru 26 persen anggaran penanggulangan TBC. Jadi masih ada gap 74 persen yang harus dibiayai negara,” kata Putih Sari



Anggota DPR Komisi IX itu menambahkan berdasarkan Perpres Nomor 67 Tahun 2021 itu, anggaran penanggulangan TBC dibebankan pada anggaran pendapatan dan belanja negara baik pusat maupun daerah.



“Anggaran penanggulangan TBC saat ini yang baru 26 persen itu, itu pun 16 persennya bersumber dari pendanaan internasional,” kata Putih.



Dia menyebut di masa pendemi Covid-19 ini hampir seluruh sumber daya yang ada baik di sektor kesehatan maupun sektor lainnya dioptimalkan untuk menangani Covid-19, yang berdampak pula pada penemuan kasus dan penanganan TBC.



“Karena itu, kami berharap Kemenkes (Kementerian Kesehatan) sebagai leading sector mempunyai komitmen yang kuat merealisasikan target eliminasi TBC pada tahun 2030 termasuk dalam penyusunan anggaran penanggulangan TBC sesuai dengan Stranas yang dibuat sendiri oleh Kemenkes,” katanya