KPI Minta Televisi Hentikan Glorifikasi Pembebasan Saipul Jamil -->
Cari Berita

KPI Minta Televisi Hentikan Glorifikasi Pembebasan Saipul Jamil

9/8/21

Foto SC IG Gus Miftah
Bugiswarta.com, Jakarta -- Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) meminta seluruh lembaga penyiaran televisi agar tidak melakukan amplifikasi dan glorifikasi pembebasan Saipul Jamil dalam isi siaran. 

Setelah penyanyi Saipul telah dibebaskan dan terbukti bersalah dalam kasus pelecehan seksual dan pencabulan anak di bawah umur.


Hal itu disampaikan Wakil Ketua KPI Pusat Mulyo Hadi Purnomo dalam keterangannya yang dirilis Tempo, Senin, 6 September 2021.


“Kami berharap seluruh lembaga penyiaran memahami sensitivitas dan etika kepatutan publik terhadap kasus yang telah menimpa yang bersangkutan dan sekaligus tidak membuka kembali trauma yang dialami korban,” kata Mulyo Hadi Purnomo


Kecaman juga datang dari Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti, dia prihatin atas kebebasan Saipul Jamil seperti dirayakan sementara menurutnya Saipul Jamil jelas-jelas pelaku kekerasan terhadap anak.


“Prihatin karena pembebasan Saipul Jamil, di glorifikasi (dirayakan) seperti pahlawan bahkan diliput besar-besaran oleh berbagai media, padahal Saipul Jamil adalah pelaku kekerasan seksual pada anak. Itu perbuatan tercela, ungkapnya.