Berada di Puncak Survei, Berarti Prabowo Subianto Masih Hadir di Hati Masyarakat -->
Cari Berita

Berada di Puncak Survei, Berarti Prabowo Subianto Masih Hadir di Hati Masyarakat

9/9/21

Foto Prabowo di Usia Muda

Bugiswarta.com, Jakarta -- Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia (Gerindra) Prabowo Subianto masih tertinggi diantara calon lain  dalam bursa Pilpres 2024 di berbagai lembaga survei.


Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi dibanding tokoh-tokoh nasional yang digadang-gadang sebagai calon presiden (capres).

Seperti hasil survei lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) membeberkan, elektabilitas Menteri Pertahanan Republik Indonesia itu memiliki elektabilitas 21,9 persen.

“Elektabilitas Pak Prabowo paling tinggi. Dia masih ada di hati masyarakat. Publik kembali beri kesempatan Pak Prabowo maju lagi,” kata Direktur SPIN, Igor Dirgantara.

Dia memaparkan, Prabowo berada di posisi puncak, jauh melampaui para kompetitornya. Di posisi kedua, ada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan elektabilitas 16,1 persen. Kemudian Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebesar 15,6 persen.

Di posisi keempat ada Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan angka 8,7 persen, disusul Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebesar 5 persen.

Di survei bertajuk Elektabilitas Tokoh Pemilu 2024 ini, Igor menjelaskan, tingginya elektabilitas Prabowo ini ditopang moncernya penilaian masyarakat tentang kinerjanya sebagai Menteri Pertahanan

Tercatat, sebesar 23,9 persen publik memberikan penilaian sangat puas terhadap kinerja Prabowo. Dia melampaui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebesar 21,5 persen dan Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno 21,3 persen.

Selain itu, Prabowo semakin harum namanya dengan meraih asumsi kesukaan publik sebagai calon presiden. Secara popularitas, ada sekitar 76,6 persen responden menyukai Prabowo untuk kembali maju di Pilpres 2024.

Indikatornya jelas, Prabowo dianggap konsisten terhadap isu-isu pertahanan yang diangkatnya sebagai Menhan. Bahkan, soal usia Prabowo yang mencapai 72 tahun kalau maju dalam Pilpres 2024, tidak dipersoalkan publik.

“Faktor usia dianggap publik bukan halangan untuk ikut berkompetisi di Pemilihan Umum 2024,” pungkasnya.

Survei SPIN digelar pada 7 hingga 21 Agustus 2021 dengan jumlah responden 1.670 orang berusia di atas 17 tahun.

Teknik yang digunakan dalam survei ini Multistage Random Sampling, dengan Margin of Error kurang lebih 2,4 persen dan tingkat kepercayaan diklaim sebesar 95 persen.

Usman