Desa Bersih Warga Di Bone Dapatkan Hadiah Telur

BUGISWARTA,com, Bone--
Warga Desa Palakka Kecamatan Kahu Kabupaten Bone Sulsel terus bergeliat membersihkan desanya dan menjaga kelestarian alamnya. 

Pemerintah desa bersama penggiat sampah setempat bahu membahu dengan segenap elemen masyarakat terus melakukan upaya pengentasan sampah, mereka bersama-sama mengusung tema pengentasan sampah Kabupaten Bone "Sampah dari malapetaka menjadi berkah".

Tokoh pemuda Desa Palakka Adi Yuliandari menjelaskan masyarakat menyambut baik program pengentasan sampah di desanya. "Alhamdulillah masyarakat sudah mulai tidak membuang sembarangan sampahnya dan mulai menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan," kata Adi yang juga Ketua Karang Taruna Desa Palakka.

Adi menuturkan setiap pekan pemuda Desa Palakka menyisir jalanan desa sambil memungut sampah, program mingguan tersebut berhasil memancing perhatian masyarakat desa sehingga pelan-pelan masyarakat sadar pentingnya kebersihan, sehingga masyarakat tidak membuang sampah disembarang tempat.

"Masyarakat yang menyetor sampahnya secara sukarela kita catat namanya dan diundi, yang beruntung mendapatkan hadiah satu rak telur, kita patung-patungan beli telur untuk hadiah," Adi menjelaskan.

Pendamping program tim Bone bersih wilayah Bone Selatan Ali Malaka mengatakan ia terus melakukan pendekatan kepada pemerintah desa dan masyarakat agar tetap melakukan upaya maksimal dalam pengentasan sampah.

"Memang keadaan serba susah karena langkah kita sangat terbatas dengan pandemic corona, tapi kami tidak menyerah," kata Ali Malaka.

Ali Malakka mengakui program pengentasan sampah yang sementara berjalan ini masih jauh dari harapan.

"Yang penting adalah pergerakan dulu, sambil jalan kita akan sempurnakan dan terus menyesuaikan dengan tuntutan undang-undang persampahan nomor 18 tahun 2008," Ali mengutarakan.

REDAKSI
Share on Google Plus

About bugis warta

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment