Hari Lahir Pancasila, Heri Gunawan : Politik Nasional Harus Berbasis Pancasila -->
Cari Berita

Hari Lahir Pancasila, Heri Gunawan : Politik Nasional Harus Berbasis Pancasila

Bugiswarta.com, Jakarta -- Dalam memperingati hari lahir Pancasila, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Fraksi Partai Gerindra Heri Gunawan memandang kehidupan politik nasional hari ini harus berbasiskan Pancasila, utamanya mengedepankan semangat gotong royong. 

“Salah satu contohnya, berbagai kebijakan yang dirumuskan oleh pemerintah maupun DPR, harus mengedepankan dialog,”Ungkap Hergun sapaan akrab Wakil Rakyat asal Sukabumi ini.

Hergun berpandangan, dialog atau musyawarah harus diutamakan dengan seluruh pemangku kepentingan. Dengan begitu, semangatnya bisa tercermin dalam produk perundang-undangan maupun kebijakan. Politik sama sekali tidak identik dengan gontok-gontokan atau keinginan untuk menang sendiri.

“Saat ini bangsa Indonesia tengah dilanda Pandemi Covid-19. Semangat Pancasila terpancar dari segenap anak bangsa,”paparnya.

“Gotong-royong membantu antar sesama begitu nyata. Tidak hanya slogan. Masyarakat yang memiliki ekonomi berlebih membantu warga yang membutuhkan,’Sambungnya

Lebih lanjut kata Hergun Aksi nyata bagi-bagi sembako, makanan siap saji, APD, masker, hand sanitizer dapat dilihat tiap hari di berbagai sudut wilayah NKRI adalah bagian dari pengejawantahan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila

“Itulah yang menyelamatkan bangsa ini dari keterpurukan akibat Pandemi Covid-19. Jiwa-jiwa Pancasilais muncul tanpa disuruh atau diperintah,”bebernya

Pancasila menurut Hergun adalah simpul yang telah mengikat Bangsa Indonesia. Modal bangsa Indonesia saat ini saat ini adalah gotong royong, yang manifestasinya adalah dialog dan musyawarah untuk mufakat. 

Pancasila adalah milik seluruh bangsa Indonesia, bukan hanya golongan tertentu. Sehingga, seluruh bangsa Indonesia memiliki tanggung jawab untuk terus menghidupkan Pancasila. 

Tonton Juga
“Inilah keseimbangan yang ingin dibangun oleh Pancasila dalam menjalankan negara. Pancasila bukan hanya klaim sepihak atau segolongan semata-mata tapi representasi kesepakatan bersama dan sari pati dari relasi sosio-kultural serta yang paling penting adalah common dream (mimpi) semua anak bangsa,”terangnya

Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia harus terus diamalkan demi terwujudkan Indonesia maju, adil dan makmur.