Polda Sulsel Tanam Puluhan Ribu Pohon -->
Cari Berita

Polda Sulsel Tanam Puluhan Ribu Pohon

Bugiswarta.com, Makassar -- GERAKAN program Polri Peduli Penghijauan yang digalakkan Kapolri Jenderal Idham Azis  mendapat dukungan penuh dari Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel. Sedikitnya 20.465 pohon ditanam jajaran Polda dan  24 Polres / Polretsbes kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

Puncaknya ,hari ini, bertepatan hari Lingkungan Dunia  Polda Sulsel bersama Forkompinda menanam 2.000 bibit pepohonan di  atas lahan 8 hektar milik Polda Sulsel  di Jl Pacerarakang Daya,Makassar,  Jumat (10/01/2020). 

Gerakan 'Menanam Pohon, ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulsel  Irjen Pol Drs. Mas Guntur Lau Upe dan diikuti Wakapolda Sulsel, Kaskoops AU II, Pangkosekhanudnas, Danlanud Has, Danlantamal VI dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup  Sulsel,  Pejabat Utama Polda Sulsel, Pengurus Bhayangkari Daerah Sulsel, anggota Polri dan ASN Polda Sulsel.

Berbagai macam bibit pohon diantaranya sukun, trembesi, glodogan, kencana, mahoni, mangga, durian dan rambutan, ditanam langsung oleh Kapolda berlserta Forkompinda dan personel TNI Polri.

"Total ada sebanyak 2.000 bibit pohon yang kita tanam hari ini di, dan dalam kurun waktu 1 sampai 9 januari, kami juga  telah ditanam 20.465 pohon  baik oleh Polda Sulsel MAUPUN Polres  jajaran, jadi Gerakan penghijauan ini membuktikan bahwa personel Polda Sulsel peduli akan Penghijauan lingkungan," terang Kapolda Sulsel.

Kapolda Sulsel  menuturkan Program ini sebagai salah satu upaya mengelola, memperbaiki lingkungan menjadi lebih baik dimana beberapa waktu lalu bencana banjir yang menimpa sejumlah wilayah di Indonesia khususnya Jakarta menimbulkan keprihatinan.

Melalui penghijauan potensi banjir, tanah longsor, erosi, kekeringan dan bencana akibat kerusakan ekosistem lainnya dapat ditekan, kualitas udara dapat meningkat dan melestarikan flora yang ada.

Kapolda secara khusus menginstruksikan agar perawatan dan pemeliharaan dilaksanakan dengan baik dan berkesinambungan.

Irjen Pol Mas Guntur Laupe dalam sambutannya  juga menyampaikan terimakasih atas dukungan personel dan berbagai pihak. Program ini sendiri merupakan perintah Presiden RI yang direalisasikan melalui Polri.

Dipenghujung acara Kapolda bersama Forkompinda yang hadir menyemai bibit ikan nila dan ikan mas di kolam ikan lahan Polda Sulsel. Meski pakaian dihiasi lumpur nampak kepuasan dan kebahagiaan diwajah segenap yang hadir, tanda kesadaran pentingnya memperbaiki ekosistem.