Hari Amal Bakti, Wabup Lutim Tekankan Pentingnya Menjaga Kerukunan -->
Cari Berita

Hari Amal Bakti, Wabup Lutim Tekankan Pentingnya Menjaga Kerukunan


Bugiswarta.com, Luwu Timur -- Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bahri Syam mengatakan memperingati tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai- nilai kehidupan beragama, yaitu Hari Amal Bakti Kementerian Agama.

Hal itu ia sampaikan saat memimpin upacara  Hari Amal Bhakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama Republik Indonesia di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Luwu Timur, Kamis (03/01/2020) Pagi.

 Kegiatan yang bertema Umat Rukun, Indonesia Maju dalam HAB Kementerian Agama merefleksikan rasa syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama.

Mengutip pesan Pahlawan Nasional almarhum Jenderal Besar TNI Dr. Abdul Haris Nasution yang sangat relevan dengan misi yang dijalankan oleh Kementeian Agama, yakni, “Sebagai negara baru kita tidaklah sekadar ingin mengejar ketertinggalan terhadap negara- negara maju, melainkan sebagai orang beriman kita ingin membangun kehidupan bermartabat spiritual dan material dengan ridha Allah.” Ujar Irwan Bahri Syam membacakan sambutan Menteri Agama Fachrul Razi di halaman Kantor Kementerian Agama Luwu Timur.
“Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun 2020 ialah, “Umat Rukun, Indonesia Maju”, saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah, agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah A “Sambung Irwan.

Disebutkan juga bahwa Kerukunan antar umat beragama merupakan modal bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional. Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama.

“Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat.” jelasnya.

Wakil Bupati Luwu Timur meminta kepada segenap aparatur Kementerian Agama, untuk memberikan pelayanan kepada umat dan menjaga nama Kementerian Agama.

Berikanlah seluruh kemampuan yang saudara-saudara miliki untuk semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kementerian Agama” pungkasnya Irwan menutup sambutan Menteri Agama.

Turut hadir, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Luwu Timur, Muhammad Nur Khalik. Upacara juga diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN), Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), Kelompok Kerja Pengawas (Pokjawas), Kelompok Kerja Penghulu (Pokjahulu), Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh), Kepala Sekolah MAN dan Tsanawiyah.

 (is/hms)