Dinas Perpustakaan Sulsel Gelar Bedah Buku Setia Di Jalan Dakwah -->
Cari Berita

Dinas Perpustakaan Sulsel Gelar Bedah Buku Setia Di Jalan Dakwah

Laporan Nurhidayati, Mahasiswa Komunikasi Fisip Unismuh Makassar
Bugiswarta.com, Makassar -- Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sulsel Menggelar seminar dan bedah buku berjudul Setia di Jalan Dakwah (80 Tahun Dr.AGH.Sanusi Baco, Lc). Buku ini ditulis Firdaus Muhammad dan Suhardi.

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Continent Panakkukang Makassar, Selasa (3/12/2019). Tampil membahas buku ini Prof. Dr. H. Ahmad Sewang dan moderator, H.M. Jurlan EM Shahoas, M. Pd. I

Kepala Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sulsel diwakili Kepala Bidang Deposit dan Perbukuan,  Drs. Haerul Mana, M. AP, pada sambutan singkat menyatakan, kegiatan bedah buku ini akan dilakukan secara rutin sesuai  kemampuan keuangan daerah, tahun  2018 mencapai 10 kali acara yang seperti ini.

Bedah buku ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi Pemerintah Provinsi Sulsel terhadap penerbitan buku-buku yang bermuatan lokal. Selain itu, mendorong pengembangan penerbit lokal di Sulsel, katanya.

Memotivasi dan menggerakkan penulisan dan penerbitan buku lokal, maka kegiatan bedah buku yang seperti ini akan terus dilaksanakan setiap saat dan kesempatan,  kata Haerul.

Peserta kegiatan pada bedah buku sehari ini diikuti 120 orang yang berasal dari penulis, dosen, mahasiswa dan pemerhati buku-buku lokal. Nampak hadir dosen dari Unismuh Makassar, UIN Alauddin Makassar, UNM Makassar dan UMI Makassar

Buku yang dibedah  adalah biografi dari ulama Sulsel, Dr. AGH. Sanusi Baco LC. Buku ini setebal 107 halaman,  bab pertama  menceritakan kisah AGH Sanusi Baco, kisahnya dari pesantren ke pesantre,  diceritakan tentang Sanusi Baco bersama Gusdur studi di Al-Ashar Kairo  Mesir. Selain itu, juga menceritakan keluarganya keterlibatannya di NU Sulsel, MUI Sulsel serta perjumpaannya dengan keluarga Kalla.

Pada bab 2 bercerita tentang jejak perjalanan dakwahnya, termasuk diantaranya percik pemikiran dalam berdakwah, karakteristik dan keteladanan, ikhlas, sabar, tawaddu, amanah dan siddiq.

Penulis buku ini, Firdaus Muhammad, adalah Dekan Fakuktas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin, pengurus MUI Kota Makassar dan MUI Sulsel. Dia  juga menulis beberapa buku diantaranya, Merawat Tradisi Pesantren, Ulama Politik Politik Ulama, Komunikasi Politik Islam, Literasi Ulama Sulselbar