Tim Relawan IT BPN Temukan 9.440 Kesalahan Situng KPU -->
Cari Berita

Tim Relawan IT BPN Temukan 9.440 Kesalahan Situng KPU

Bugiswarta.com, Jakarta -- Tim relawan  IT BPN menemukan 9.440 kesalahan input di apikasi Sistem Penghitungan Suara (Situng) KPU. Temuan itu diperoleh dari hasil verifikasi manual di Web Situng KPU dalam tiga terakhir (27-29 April 2019).

Tim telah meneliti  172.174 PS  dari 404.290 TPS yang sudah masuk ke Web Situng KPU (42 %). Dari total data TPS yang sudah diverifikasi ditemukan error sebanyak 6 %.

“Dalam setiap hari kami menemukan lebih dari 1.000 kesalahan  entry. Kesalahan itu meliputi selisih suara, jumlah pemilih melebihi DPT, dan jumlah  suara sah tidak cocok dengan total suara,” kata Koordinator Relawan  IT Mustofa  Nahrawardaya.

Temuan kesalahan itu konsisten dalam tiga hari terakhir dan tidak ada perbaikan. Kesalahan terbesar berasal dari provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Di Jabar  ditemukan kesalahan di sebanyak 764 TPS ( 8 persen), Jateng 706 TPS ( 7,4 %), Jatim 385 ( 4 %).  Total kesalahannya mencapai 19,4 persen.

“Kami juga menemukan indikasi ada pola  input dari daerah tertentu tinggi yang menguntungkan Paslon 01, dan merugikan Paslon 02. Polanya sangat baku dan konsisten. Ada yang sangat cepat, tapi ada yang sangat lambat. Ini sangat mencurigakan,” tambah Mustofa.

Angkanya sangat mirip dan konsisten dengan hasil _quick count_ yang dipublikasikan oleh lembaga survey. “ Kebetulan ini sangat tidak masuk akal.”

Juru Bicara BPN Dahnil Anzar Simanjuntak menilai kesalahan input yang dilakukan oleh KPU sangat serius. “Melihat besarnya prosentase kesalahan input tuntutan untuk membentuk Tim Pencari Fakta kejahatan pemilu dengan agenda utama audit forensik Situng KPU sangat mendesak,” ujarnya.

Langkah tersebut sangat diperlukan  untuk menjaga kualitas demokrasi dari hal-hal teknis yang diragukan dan membuat sistem itu tidak dipercaya oleh publik.

Rls