BEM FKM UPRI Penyuluhan HIV/AIDS di SMAN 18 Kota Makassar -->
Cari Berita

BEM FKM UPRI Penyuluhan HIV/AIDS di SMAN 18 Kota Makassar

Bugiswarta.com, Makassar  Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pejuang Republik Indonesia (FKM-UPRI) gelar penyuluhan penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di Sekolah Menenga Atas Negeri (SMAN) 1Kota MakassarSelasa (11/12/2018pagi

Dalam penyuluhan ini BEM FKM UPRI menghadirkan tenaga penyuluhan dari Yayasan Mitra Husada (YMH), lembaga nirbala peduli HIV dan AIDS, Adnan Adam, S. Pd, M. Pd.

Di bawah bimbingan Wakil Dekan III FKM UPRI Andi Alim, SE, SKM, M. Kes, BEM FKM UPRI menjalankan program penyuluhan penyakit yang menghancurkan sistem kekebalan tubuh yang berujung maut ini, sebagai bentuk kepedulian kepada generasi pelanjut. Dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Donor darah dan Penyuluhan HIV dan Aids SMA Se Kota Makassar Adrianti, kepedulian saja tidak cukup. 

‘’Tapi kepedulian itu kami wujudkan dalam bentuk aksi nyata, dengan melakukan penyuluhan kesehatan tentang pengetahuan informasi dasar tetangHIV/AIDS,’’ sebut Andi Alim.

Sementara Adnan Adam yang terkenal sebagai pegiat peduli HIV dan AIDS di Makassar ini menyatakan, penyuluhan ini sangat penting. ‘’Bayangkan saja, data yang kami peroleh per Desember 2018 ini, Makassar adalah kota yang paling banyak ditemukannya kasus HIV dan AIDS diSulsel. Maka siswa-siswi wajib tahu, minimal informasi dasar penyakit ini,’’ kata Adnan.


Penyuluhan ini mendapat sambutan baik dari kepala Sekolah SMAN 18 kota Makassar Ibu Andi Ernawati, S. Pd, M. Pd, Ph. d yang didampingi langsung oleh ibu Dra. Marpuah, MBA dengan hadirnya puluhan siswa yang mengikuti kegiatan ini. Salah seorang siswa Andi Nurichsan Nurdin(Ketua PMR SMAN 18 Kota Makassar), kini ia dan siswa lainnya lebih mengetahui tentang HIV dan AIDS. 

Tapi kedepannya, penyuluhan penting seperti ini dapat diikuti oleh lebih banyak siswa-siswi lagi,’’ ujar Andi Ichsan seusai acara. (Hilman)