Ir. H. Zakir Sabara HW., ST., MT., IPM., ASEAN Eng: Sambut Tahun Baru Hijriyah Auto Kritik Kampus Berlabel Islam -->
Cari Berita

Ir. H. Zakir Sabara HW., ST., MT., IPM., ASEAN Eng: Sambut Tahun Baru Hijriyah Auto Kritik Kampus Berlabel Islam

Bugiswarta.com, Makassar -- Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Senin malam (10/9/2018) menggelar kegiatan Dialog dan  Doa memperingati awal tahun baru 1440 Hijriah.

Kegiatan  dihelat di pelataran FTI UMI ini  mengusung tema "Dengan Semangat Tahun Baru 1440 Hijriah, Umat Islam Mengharapkan Pemimpin Yang Amanah dan Mengayomi".

Dekan FTI UMI Ir. H. Zakir Sabara HW., ST., MT., IPM., ASEAN Eng  dalam sambutannya mengatakan, acara seperti ini di kampus menjadi auto kritik buat  civitas akademika. 

Dijelaskan, kadang kita mengkritik orang terlalu berlebihan merayaka tahun baru Masehi tapi kita tidak sadar dan sering lupa melakukan sesuatu menyambut tahun baru Islam.

Kegiatan seperti  ini jadi  auto kritik untuk seluruh kampus-kampus  berlabel Islam, ucap Zakir Sabara.

Tidak banyak kampus melakukan penyambutan tahun baru Islam, FTI UMI  salah satu diantara yang  tidak banyak itu, dan wajar kalau belum banyak mahasiswa hadir karena saat ini masih suasana libur, ucapnya.   

Tiap tahun  akan diagendakan merayakan acara keagamana terutama penyambutan tahun baru Islam, untuk  melakukan perenungan dan doa awal tahun dan sekaligus melakukan komitmen baru, katanya.

Apalagi di era revolusi industri 4.0,  hampir semua pejabat selalu mengatakan dalam pidatonya, tapi mind set, perilaku atau cara berpikirnya tidak berubah.

"Tidak ada langkah radikal yang dilakukan untuk mengantisipasi jaman, sementara bisnis pendidikan terus berkembang bahkan melewati batas yang dikenal selama ini," tuturnya.

Tahun baru hijriah ini  harus komitmen, terkhusus civitas akademika FTI UMI melakukan perubahan radikal terhadap proses pendidikan yang akan  dilakukan, tegas  Zakir Sabara.

Titik Awal

Wakil Dekan IV  FTI UMI Dr. H. Yusri Muhammad Arsyad, Lc., MA,  sebagai penceramah dalam kegiatan tersebut mengatakan kegiatan tahun baru Hijriah inilah   sebenarnya dilakukan.

Di katakan, sebaiknya untuk seluruh fakultas usahakan buat kegiatan seperti ini, karena titik awal bagaimana Islam itu sampai ke tangan kita, ucapnya.

Tidak benar kata Yusri, ketika  merayakan tahun baru Hijriah ini hanya sekedar olahraga,  tidak ada nilai  atau siraman  rohaninya, katanya.    

Salah tapi peringatan malam tahun baru Hijriah inilah  harus dilakukan karena malam ini adalah detik-detik meninggalkan tahun  lalu.

Dan disitu ada doa karena doa sangat penting menentukan nasib kita selanjutnya bahwa yang menciptakan waktu adalah Allah SWT," tegas pria yang menyelesaikan S3 di Tunisia Afrika Utara tersebut.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut yakni; Dekan Fakultas Teknologi Industri
Ir. H. Zakir Sabara HW., ST., MT., IPM., ASEAN Eng.

Wakil Dekan 1 Ir. Hj. Setyawati Yani, ST., MT., Ph.D, IPM., ASEAN Eng, Wakil Dekan 2 Ir. Hj. Rahmaniah Malik, S.Si., MT., IPM., ASEAN Eng.

Wakil Dekan 3 Ir. Hasbi Bakri, ST., MT., IPM, Wakil Dekan 4 Dr. H. Yusri Muhammad Arsyad, Lc., MA serta Ketua Jurusan & Sekretaris jurusan serta dosen dan karyawan serta pengurus lembaga se-FTI UMI. (darsil)