Dr. Ilham Z. Salle, SE.,MSi.,Ak: Teliti Akuntabilitas Lembag Amil Zakat Berbasis Pasang Ammatoa -->
Cari Berita

Dr. Ilham Z. Salle, SE.,MSi.,Ak: Teliti Akuntabilitas Lembag Amil Zakat Berbasis Pasang Ammatoa

Bugiswarta.com, Bone -- Salah seorang dosen LLDikti IX Sulawesi dipekerjakan di STIE Indonesia Makassar, Dr. Ilham Z. Salle, SE.,MSi.,Ak, berhasil mempertahankan disertasi pada ujian doktor ilmu akuntasi dilaksanakan PPs-Universitas Brawijaya Malang, 19 Juli 2018.

Pria kelahiran Ujung Pandang, 29 Nov 1971 menulis disertasi berjudul Akuntabilitas Lembaga Amil Zakat Berbasis Nilai-Nilai Pasang Ammatoa.

Kepada media di Makassar Kamis (23/8/2018) menegaskan, selama menulis disertasi dibimbing Promotor,  Promotor : Prof. Iwan Triyuwono, SE.,M.Ec.,Ak.,Ph.D.

Promotor 1 : Prof. Dr. Unti Ludigdo, SE.,M.Si.,Ak  dan Promotor 2 : Dr. Rosidi, SE.,MM.,Ak.

Dosen Penguji yakn; Prof. Dr. Made Sudarma, SE.,MM.,Ak.,CPA, Ali Djamhuri, SE.,M.Com.,Ak.,Ph.D dan Dr. Erwin Saraswati., M.Acc.,Ak.,CPMA

Simpulan dari disertasinya,   penerapan konsep akuntabilitas LAZ berbasis nilai-nilai Pasang Ammatoa.

Berdampak pada hasil berbagai macam kinerja suatu organisasi dibandingkan konsep akuntabilitas konvensional yang hanya mampu menghasilkan kinerja materi.

Jenis kinerja yang dihasilkan oleh akuntabilitas berbasis nilai-nilai Pasang Ammatoa, yaitu: kinerja materi, spiritual, dan keshalehan (manuntungi) yang dihasilkan secara bersamaan, tegas alumni S2 Ekonomi PPs-Unhas 2008.

Nilai-nilai Pasang Ammatoa yang relevan digunakan di dalam merumuskan konsep akuntabilitas, yaitu: nilai kejujuran (kalambusang), kesabaran (sabbara’), kedisiplinan (gattang), dan nilai keikhlasan (tanning ati).

Penerapan nilai-nilai ini di dalam akuntabilitas LAZ menunjukkan tingkatan keshalehan (manuntungi) seseorang.

Di mana nilai kejujuran merupakan nilai yang paling utama dalam ber-akuntabilitas.

Kejujuran (kalambusang) merupakan suatu nilai yang mendasari praktik akuntabilitas LAZ. Dengan nilai kejujuran ini, LAZ dalam menjalankan segala aktivitasnya berjalan apanya, sesuai dengan apa yang dikerjakan, dan tidak fiktif.

Akuntabilitas yang terbangun di atas dasar kejujuran dan keikhlasan itu berkaitan dengan menerima amanah dengan penunjukan, menunaikan amanah, dan mempertanggungjawabkan amanah.  

Ilham lahir di Makassar, 29 Nopember 1971. Tamat SDN II Monginsidi 1985. SMPN 3 Makassar 1988. SMEAN 1 Makassar 1991. D3 Manajemen Keuangan Unhas 1994. S1 Akuntansi Ekonomi Unhas 199,.

S2 Ekonomi PPs-Unhas 2008 dan S3 Akuntansi PPs-Unibraw Malang 2018. Suami dari dr. Hj. Fitri Adhicahya dan ayah dari  Gita Alifia Medika Putri Salle. (yahya)