IPI : SDM, Integritas, Program Jadi Rujukan Pemilih -->
Cari Berita

IPI : SDM, Integritas, Program Jadi Rujukan Pemilih

Bugiswarta.com, Makassar -- Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan hampir pasti di ikuti empat pasangan, yaitu Pasangan Prof Nurdin Abdullah - Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan), Nurdin Halid - Asiz Kahar Muzakkar (NH - Asiz), Ichsan Yasin Limpo - Andi Muzakkar (IYL - Macakka), Agus Arifin Nu'mang - Tanribali Lamo (BagusTA). Lalu bagaimana kans mereka ??

Analis Politik Dari Direktur PT Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir menilai, keempat pasangan cagub - cawagub akan memasuki masa pertarungan citra politik dan uji rasionalitas program dan visi-misi kandidat.

"Di pase ini, kandidat akan diukur pada SDM nya, Integritas nya, dan Prestasi Politiknya. Artinya masyarakat akan menggali treck record pasangan cagub dan cawagub untuk dijadikan referensi awal dalam mendukung pasangan cagub dan cawagub,"kata Swadi

Setelah itu, Masyarakat akan menganalisa jualan program serta visi - misi para pasangan cagub dan cawagub, apakan program mereka masuk akan untuk direalisasikan atau hanya slogan politik untuk meraih simpati masyarakat, begitupun visi - misi mereka, masyarakat akan menganalisasi, apakah cocok dan sesuai kondisi Sulsel

Untuk itu pasangan cagub dan cawagub sebaiknya merasionalkan jualan program serta visi - misi nya. 

"Terkait peluang memenangkan pilgub, menurut Suwadi, baru bisa kelihatan di bulan April, karna di bulan April semua jualan program serta visi - misi pasangan cagub dan cawagub sudah sampai ke akar rumput, "tutur Suwadi.

Usman